kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.427.000   7.000   0,49%
  • USD/IDR 16.160
  • IDX 7.321   96,85   1,34%
  • KOMPAS100 1.149   10,13   0,89%
  • LQ45 923   12,71   1,40%
  • ISSI 219   0,62   0,28%
  • IDX30 461   6,63   1,46%
  • IDXHIDIV20 555   8,24   1,51%
  • IDX80 129   1,33   1,04%
  • IDXV30 130   1,58   1,24%
  • IDXQ30 156   2,26   1,48%

Dorong Keberlanjutan Lingkungan, Lazada Hadirkan Program Sustainibilty Academy Award


Rabu, 27 Maret 2024 / 21:17 WIB
Dorong Keberlanjutan Lingkungan, Lazada Hadirkan Program Sustainibilty Academy Award
ILUSTRASI. Lazada Indonesia dorong keberlanjutan lingkungan lewat Lazada Sustainability Academy Award 2024.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - Lazada Indonesia dorong keberlanjutan lingkungan lewat Lazada Sustainability Academy Award 2024. Lewat ajang ini, Lazada mendorong pelaku bisnis di Lazada untuk bisa menerapkan kebijakan soal keberlanjutan lingkungan.

Perkembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia yang pesat telah berdampak besar pada nilai ekonomi Indonesia dan kemaslahatan konsumen serta bisnis lokal. Akan tetapi, pertumbuhan pesat ekonomi digital Indonesiatanpa disadari juga berdampak pada peningkatan limbah plastik.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – SIPSN KLHK, 2023 limbah plastik menyumbang 18,9% dari total 17,4 juta ton timbulan sampah tahunan yang dihasilkan pada 2023. 

Oleh karena itu, Lazada Indonesia (Lazada) melalui unit bisnis Lazada Logistics menghadirkan Lazada Sustainability Academy Awards 2024 guna  mendorong operasional berkelanjutan dari para pelaku bisnis di ekosistem Lazada. Keberlanjutan yang dimaksud berupa kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis (environment, social, and governance - ESG), sekaligus mengapresiasi para pelaku bisnis yang mulai bergerak ke arah operasional yang berkelanjutan. 

Baca Juga: Ini Tips Bagi Brand Lokal Agar Laris Manis di Lazada Selama Ramadan

Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Sora Lokita, menyampaikan bahwa sebagai komponen utama sektor perekonomian, UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan, memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Peranan penting ini harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform eCommerce untuk memastikan UKM menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi pelopor dan katalis penerapan aspek keberlanjutan dalam operasional bisnis.

"Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, kita tidak boleh melupakan tanggung jawab atas tantangan lingkungan yang semakin mendesak terhadap bumi. Inisiatif keberlanjutan yang diluncurkan oleh Lazada telah membuktikan bahwa kita dapat mencapai kesuksesan ekonomi sambil menjaga lingkungan hidup," kata Sora dalam acara Lazada Sustainibilty Academy Awards 2024

Sebagai catatan, Data SIPSN KLHK menyebutkan, pada 2023 terdapat 17,4 juta ton bahwa timbunan sampah tahunan yang dihasilkan, dengan 5,8 juta ton atau 33,5% sampah lainnya belum terkelola. Masih tingginya jumlah sampah yang belum terkelola menjadikan isu lingkungan ini menjadi salah satu permasalahan yang membutuhkan penanganan serius. 

Agar dapat berperan dalam pengelolaan limbah sampah, Lazada Logistics telah menyediakan paket ramah lingkungan dengan menggunakan kardus karton bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) serta kertas serut daur ulang sebagai pengganti plastik bagi pengiriman paket dari brand dan penjual yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL). 

Baca Juga: Penjualan Bisa Naik Tiga Kali Lipat saat Ramadan, Begini Penjelasan Lazada Indonesia

SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja menjelaskan bagaimana permasalahan lingkungan turut mendorong Lazada untuk berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya. Lazada juga memberikan fokus pada pertumbuhan bisnis berkelanjutan dari aspek sosial dan ekonomi, yang diwujudkan dalam upaya edukasi di LSA.

LAzada menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem ekonomi digital Lazada. Karena itulah, Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis lainnya di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam operasional bisnis yang tetap memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis. 

"Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya,” kata Adiputra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×