kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Dorong Net Zero Emission lewat ESG, Blibli Daur Ulang 17.000 Sampah Kosmetik


Jumat, 08 April 2022 / 23:21 WIB
Dorong Net Zero Emission lewat ESG, Blibli Daur Ulang 17.000 Sampah Kosmetik
ILUSTRASI. Vice President Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Blibli berpartisipasi dalam Surabaya X Beauty sebagai official e-commerce partner. Keterlibatan Blibli dalam program ini juga sebagai bentuk komitmen melestarikan lingkungan melalui program daur ulang sampah.

Vice President Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan menyampaikan, program yang mengusung kampanye Blibli Cinta Bumi ini turut menegaskan penerapan konsep ESG (Environmental, Social & Governance). Hal ini sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis yang berkelanjutan.

Menurut Yolanda, Blibli telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatan operasional. Di antaranya lewat daur ulang sampah plastik, kardus kemasan, penanaman pohon, waste upcycling, pembangunan tank tadah hujan dan mengolahnya untuk keperluan operasional di berbagai gudang Blibli.

Baca Juga: Bulan Ramadan Blibli: Konsumen Cari Berkah

Adapun di dalam penyelenggaraan Surabaya X Beauty, Blibli berhasil mengumpulkan lebih dari 12.000 kemasan produk kecantikan serta hampir 5.000 kardus kemasan produk kecantikan dari ribuan orang yang mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi.

"Kami mengapresiasi antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung. Ini menjadi motivasi untuk memperluas dampak positif dari kampanye Blibli Cinta Bumi. Mengajak lebih banyak masyarakat bersama-sama menjalankan gaya hidup yang eco-friendly secara menyeluruh dan berkelanjutan," kata Yolanda dalam rilisnya, Jum'at (8/4).

Kampanye Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi drop box, yang mana pengunjung bisa menaruh kemasan kosong kosmetiknya. Pengunjung pun mendapatkan insentif berupa token untuk bermain games menarik dengan hadiah berupa produk dan alat kecantikan.

Seluruh sampah kosmetik ini selanjutnya akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi, sesuai konsep sustainable business berbasis ESG oleh Blibli.

Blibli akan melanjutkan kolaborasinya bersama Female Daily selaku penyelenggara Surabaya X Beauty dengan hadir di acara Jakarta X Beauty yang digelar pada Juli 2022.

Blibli mengajak para beauty enthusiast untuk mengumpulkan semua kemasan produk kecantikannya dan membawa ke instalasi Blibli Cinta Bumi di Jakarta X Beauty.

Melalui kampanye Blibli Cinta Bumi, Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang menjalankan inisiatif ini. Sejak diinisiasi pada tahun 2020, daur ulang sampah, khususnya kardus dan plastik telah menjadi salah satu fokus utamanya.

Langkah ini juga untuk membantu menjawab masalah Indonesia sebagai negara dengan produksi sampah plastik yang besar. Data Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) 2021 menunjukkan, Indonesia menghasilkan sekitar 8 juta ton sampah plastik tiap tahun, di mana hanya 3 juta ton yang dapat diolah.

Adapun Blibli Cinta Bumi sudah memiliki Collection Boxes yang berada di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk mengumpulkan sampah kardus dan plastik.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Minyak Goreng Hingga Sirup Merajai Transaksi di Blibli

Sampah yang terkumpul dikelola kembali untuk didaur ulang menjadi filler material pengganti bubble wrap untuk membungkus produk yang dibeli di Blibli.

Selain itu, setiap 10 kardus yang dikumpulkan memiliki nilai 1 pohon yang akan ditanam oleh Blibli. Upaya penanaman pohon ini pun sudah dimulai sejak tahun 2021 melalui penanaman 1.000 pohon di Rembang, Jawa Tengah, yang dilakukan bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dan pemerintah setempat.

Yolanda menambahkan, jika diterapkan secara strategis, prinsip ESG dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas operasional. Sehingga Blibli bisa terus tumbuh secara berkelanjutan, baik dari segi bisnis maupun dampaknya bagi komponen di dalam ESG.

“Blibli akan terus mengembangkan Blibli Cinta Bumi melalui sinergi bersama lebih banyak mitra. Hal ini merupakan bagian dari konsep ESG dan upaya Blibli untuk mendukung Indonesia menuju Net Zero Emissions,” pungkas Yolanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×