kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung KSBB Persampahan, PLN mengajak bayar listrik pakai sampah


Rabu, 31 Maret 2021 / 06:46 WIB
Dukung KSBB Persampahan, PLN mengajak bayar listrik pakai sampah
ILUSTRASI. Pekerja melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan instalasi di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi, Gandul, Jawa Barat, Kamis (25/02).


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PLN turut berpartisipasi sebagai salah satu kolaborator dalam Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) yang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta. Kali ini, hal tersebut diwujudkan melalui KSBB Persampahan berupa pembinaan lima bank sampah di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara yaitu Bank Sampah Ojo Kendor, Teratai, Anggrek 02, Rame-Rame, dan Saung Asri. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyampaikan bahwa bank sampah yang mendapat bantuan PLN dalam KSBB Persampahan ini mendapatkan bantuan pelatihan, timbangan digital, dan mesin pencacah. “Kami sangat mendukung program kolaborasi dari Pemprov DKI yang bagus ini, apalagi sudah diwadahi dalam program KSBB sehingga kita mudah untuk menentukan program yang ingin disasar,” ungkap Doddy dalam siaran pers.

Partisipasi PLN dalam KSBB Persampahan berdasar pada keinginan PLN untuk meningkatkan angka pengelolaan sampah. Asal tahu, dikutip dari halaman website KSBB Persampahan, data 2020 menunjukkan sampah yang masuk ke TPST Bantar Gebang mencapai 7.404 ton per hari, sedangkan sampah yang dikelola oleh 2.119 bank sampah hanya sebesar  21 ton per hari. 

Pada program ini, total nasabah dari lima bank sampah binaan KSBB PLN di Cilincing berjumlah 170 orang. Angka rata-rata sampah yang dikumpulkan oleh nasabah-nasabah tersebut mencapai 60 kg per hari. Dengan adanya program ini, nasabah bisa menggunakan hasil penjualan sampah untuk membayar rekening listrik. 

Baca Juga: 7 Cara hemat tagihan listrik saat pandemi Covid-19

Dengan demikian, program bank sampah berpeluang memberi sejumlah manfaat sekaligus. Selain sebagai salah satu bentuk pengendalian sampah, program bank sampah juga bisa membantu masyarakat di bidang ekonomi, salah satunya pembayaran rekening listrik atau membeli token listrik setiap bulannya. “Langkah kecil kami mudah-mudahan bisa membawa semangat untuk mewujudkan Jakarta bersih. Selain di KSBB ini PLN Jakarta Raya juga punya enam bank sampah binaan,” Doddy menambahkan.

Lurah Cilincing, Sugiman mengapresiasi partisipasi PLN dalam KSBB Persampahan, khususnya di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. “Awalnya sampah yang dibersihkan oleh PPSU (Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) tidak diolah, tetapi sekarang diolah jadi pupuk kompos di bank Sampah Ojo Kendor yang sebagian kita bagikan kepada masyarakat,” kata Sugiman.

Baca Juga: Simak, begini cara terbaru dapat diskon listrik PLN mulai April 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×