kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efisiensi Proses Produksi Industri, Kawan Lama Solution Hadirkan Ragam Produk


Kamis, 12 Oktober 2023 / 22:15 WIB
Efisiensi Proses Produksi Industri, Kawan Lama Solution Hadirkan Ragam Produk


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Untuk memaksimalkan produktivitas dan mengurangi pemborosan sumber daya, Kawan Lama Solution, bisnis penyedia peralatan industri teknik dan komersial, meluncurkan produk material untuk mengefisiensi proses produksi industri.

Vincent Mintarja, Product Director Kawan Lama Solution, mengatakan, banyak perusahaan di Indonesia kini memilih untuk melakukan efisiensi dalam operasionalnya. Bukan berarti melakukan pengurangan terhadap tenaga kerja, melainkan memaksimalkan kinerja perusahaan dan produksi barangnya.

"Dengan produk teknologi yang mengedepankan kemudahan dalam pengemasan, Kawan Lama Solution ingin membantu perusahaan mencapai tujuan yang maksimal dalam bisnis," ujar Vincent kepada KONTAN, Kamis (12/10).

Sekadar informasi saja, produk-produk dengan teknologi ini Kawan Lama Solution pasarkan di pameran ALLPack Indonesia 2023, yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta pada 11-14 Oktober 2023.

Baca Juga: Chatime Atelier dan Chatime, Apa sih Perbedaan dari Kedua Gerai Ini?

Beberapa peralatan produksi yang Kawan Lama Solution usung dalam pameran ini adalah material transfer dari Nilfisk. Material transfer dari Nilfisk merupakan alat untuk memindahkan material kering dari satu tempat ke tempat lainnya.

Fungsi material transfer dari Nilfisk ini ialah mengurangi adan human contact pada proses penuangan, sehingga menjamin kebersihan produk yang diproses, serta memberikan opsi yang lebih safe dibanding melakukan penuangan material secara manual.

"Untuk produk ini sudah terjual di hampir semua perusahaan food and beverage (F&B) dan farmasi. Ini membantu agar saat produksi seperti pemindahan tepung atau tablet tidak terbuang sia-sia," kata Vincent.

Selain itu, hadir pula solusi pengemasan dari Youngsun yang mampu meningkatkan efisiensi waktu, karena dapat mempermudah proses pengemasan. Dari sisi K3 lebih baik karena menggantikan pekerjaan manual dengan mesin, sehingga pekerjaan akan lebih cepat.

Mesin pengemasan yang Kawan Lama Solutions hadirkan yaitu shrink wrapper, carton sealer, case erector, wrapping machine, serta vertical filling machine. Alat pengemasan tersebut banyak digunakan oleh F&B seperti Mayora, industri percetakan, otomotif, dan farmasi.

Youngsun juga memiliki fitur pre-stretch pada mesin wrapping, baik auto maupun robot, yang mampu menghemat hingga 200-300% dalam penggunaan plastik wrapping.

Baca Juga: INFORMA Electronics Gelar Brand Festival untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Selain itu, Youngsun juga memiliki fitur automatic pada wrapping yang dapat mengeliminasi potensi cedera pada karyawan saat bekerja. Dengan alat pengemasan yang berteknologi canggih ini juga, hampir dapat dipastikan produk sampai di tangan pelanggan dalam kondisi sempurna.

"Solusi otomatisasi tersebut kami dihadirkan di sini untuk dapat mempercepat proses produksi dan mengurangi human error,” sebut Vincent.

Dalam proses produksi, tentunya pengukuran yang presisi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, Kawan Lama Solution juga menghadirkan peralatan pengukuran dari Mitutoyo, Imada, dan Gotech sebagai solusi untuk mengurangi proses rework akibat pengukuran manual yang kurang akurat. 

Sehingga, secara ekonomis akan lebih efisien dan efektif dari sisi bisnis. "Biasanya untuk produk Mitutoyo, Imada, dan Gotech mengukur sehingga sesuai kebutuhan perusahaan. Sebut saja, perusahaan sari roti atau makanan lain menggunakan produk ini," ungkap Vincent.

"Kami berharap peralatan dari Kawan Lama Solution bisa membantu UMKM sampai perusahaan besar dalam proses pengolahan sampai pengemasan. Dan pangsa pasar kita bisa mencapai 30% di Indonesia," imbuhnya.

Selanjutnya: BEI Buka Suspensi BNC Sekuritas Indonesia

Menarik Dibaca: Cuaca Banten Diprediksi Cerah dengan Suhu 34°C

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×