kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspor kopi Indonesia ke Korsel naik 53%


Senin, 13 November 2017 / 21:16 WIB
Ekspor kopi Indonesia ke Korsel naik 53%


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kopi Indonesia masih diminati di sejumlah negara. Salah satunya di Korea Selatan (Korsel).

Kementerian Perdagangan (Kemtan) mencatat ekspor kopi ke Negeri Gingseng tersebut periode Januari-Agustus 2017 mencapai US$ 9,42 juta. Ekspor kopi tersebut meningkat 53,01% dari periode sama tahun lalu. Peningkatkan ekspor kopi ke Korsel ini disebabkan tingginya minat masyarakat di sana mengkonsumsi kopi.

Direktur Jenderal Ekspor Nasional Kemtan Arlinda mengatakan rata-rata penduduk Korsel mengkonsumsi 500 gelas kopi selama tahun 2016 lalu. Kondisi ini mendorong tumbuhnya ekspor kopi dari Indonesia ke Korsel dalam lima tahun terakhir sebesar 14,39%. "Kalau dalam satu dekade terakhir, konsumsi kopi di Korsel meningkat sebesar 25%," ujar Arlinda, Senin (13/11).

Arlinda menjelaskan, Kemdag melihat peningkatan minat warga Korsel mengkonsumsi kopi sebagai peluang meningkatkan ekspor kopi ke Korsel. Karena itu, Kemdag melakukan promosi pada Seoul Int'l Cafe Show 2017 yang berlangsung pada 9-12 November 2017 lalu di Convention & Exhibition Center (COEX), Seoul.

Arlinda menambahkan, sebagai eksportir kopi terbesar keempat di dunia, Indonesia terus menjaga agar kualitas kopi dari Nusantara menjadi nomor wahid di dunia. Dalam promosi tersebut, sebanyak 12 pelak usaha yang bergerak di bidang industri kopi, coco sugar dan glassware berhasil melewati proses seleksi dan tambpil dalam Pavilium Indonesia.

Perusahaan tersebut di antaranya PT. Pudak Oriental Indonesia dengan merek produk Suji Premium Handcraft (glassware), Aroma Ville Coffee, PT. Selera Indah Perdana, Ulubelu Coffee, PT. Indokom Citra Persada, Mandehling Coffee Korea, PT. Mekarsari Indo Buana (coconut palm sugar), PT. Fortunium dengan merek produk Ventura Coffee, Manglayang Farmers Group, KBQ Baburrayyan, Koperasi Produsen Arisarina, serta Kenred Coffee.

Pameran Seoul Int’l Cafe Show adalah salah satu platform promosi dan hub kopi terbesar di Asia yang menampilkan ragam produk yang disajikan di kedai kopi atau kafe seperti kopi dan camilan ringan pendamping kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×