kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Elevenia mengincar pertumbuhan pendapatan 500%


Selasa, 30 Desember 2014 / 07:17 WIB
Elevenia mengincar pertumbuhan pendapatan 500%
ILUSTRASI. Bagi Anda yang tidak ingin menjadi korban penipuan asuransi lebih baik mengetahui cara membeli asuransi melalui online dan agen asuransi.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Demam belanja di dunia maya atawa e-commerce yang semakin digemari menjadi kekuatan bagi pelaku industri e-commerce. Tak heran jika para pelaku usaha berlomba-lomba memenangkan minat konsumen.

Portal belanja online milik PT XL Axiata Tbk dan SK Planet, Elevenia termasuk di dalamnya. Saking optimistisnya, Elevenia berani memasang target pertumbuhan pendapatan berlipat tahun depan. Manajemen perusahaan yang berkibar melalui PT XL Planet itu beralasan, torehan bisnis sepanjang tahun ini cukup memuaskan.

"Tahun depan kami targetkan pertumbuhan transaksi sebesar 400% dengan target kenaikan pendapatan sebesar lima kali lipat dari tahun 2014," ujar Anggita Vela Lydia, Senior Manager Business Development & PR Elevenia kepada KONTAN, pekan lalu.

Hingga tutup tahun 2014, perusahaan yang baru meluncur Maret 2014 itu meyakini bisa mengempit pendapatan minimal Rp 3 miliar hingga tutup tahun 2014.

Mengintip laporan keuangan XL Axiata yang berakhir September 2014, pendapatan PT XL Planet mencapai Rp 2,65 miliar. Dengan target pertumbuhan pendapatan sekitar lima kali lipat, berarti harapan pendapatan tahun depan bisa mencapai sekitar Rp 15 miliar.

Untuk mengejar mimpi itu, Elevenia memasang dua strategi. Pertama, menggelar program promosi. Perusahaan ini mengaklaim, kunjungan bulanan sepanjang sembilan bulan tahun ini telah mencapai 12 juta pengunjung. Dengan jumlah kunjungan itu, Elevenia menerima 8.000 pesanan pembelian saban hari.

Kedua, mendekatkan pedagang dengan pelanggan. Elevenia memberikan fasilitas edukasi mengenai belanja di dunia maya bernama Seller Zone. Sejauh ini Seller Zone berada di tiga lokasi di Jakarta, yakni Plaza 89, Tanah Abang, dan Mangga Dua. M

anajemen perusahaan itu meyakini strategi edukasi itu menjadikan portal belanja mereka berbeda dengan kompetitor. "Sekaligus kami melihat tren ke depan, mulai 2015 akan mengarah dari tren online to offline yakni peritel online akan mulai merambah pasar offline," ujar Anggita.

Berkaitan dengan edukasi pasar, Elevenia juga akan memberikan seminar dan workshop secara reguler untuk para penjualnya. Termasuk memberikan penghargaan kepada para penjual yang mereka anggap berprestasi di setiap kategori produk.

Hingga Desember 2014, manajemen perusahaan Elevenia mengklaim telah menggaet hampir 750.000 anggota. Sementara total penjual terdaftar di portal belanja itu mencapai lebih dari 18.000 penjual. Penjual tersebut terdiri dari penjual individu, dan perusahaan, baik lokal maupun global. Saat ini ada dua juta produk yang dijual di lapak Elevenia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×