kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elnusa (ELSA) dapat kontrak operation maintenance di Blok Rokan


Minggu, 05 September 2021 / 16:14 WIB
Elnusa (ELSA) dapat kontrak operation maintenance di Blok Rokan
ILUSTRASI. Elnusa (ELSA) dapat kontrak operation maintenance di Blok Rokan


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elnusa Tbk (ELSA) siap mendukung pengembangan Blok Rokan yang dioperasikan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Kabar terbaru, sebagai perusahaan yang telah 51 tahun beroperasi mendukung eksplorasi  dan  produksi minyak & gas Indonesia, ELSA telah meraih kontrak jasa operasi dan pemeliharaan (Operation &  Maintenance) di Blok Rokan. 

Sekretaris Perusahaan Elnusa, Ari Wijaya mengungkapkan, saat ini ELSA melalui PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi telah mendapatkan kontrak operation maintenance di Blok Rokan.

"Kalau operation maintanance seperti perawatan dan workshop kecil-kecil kami sudah dapat. Kontraknya multiyears di Lapangan Duri,"  jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (5/9). 

Namun sayang, Ari tidak blak-blakan mengenai nilai kontraknya. Yang terang, dia mengungkapkan nilainya tidak terlalu besar. 

Baca Juga: Saham-saham BUMN ini mencatat penurunan nilai transaksi, ini kata analis

Sebagai jasa penunjang migas yang sudah beroperasi lebih dari 5 dekade ini, telah mempersiapkan diri untuk mendukung operasional di dalam pengelolaan Blok Rokan baik operasi, produksi, maupun pengembangan Enhanced Oil Recovery (EOR). 

Sebagai informasi, Enhanced Oil Recovery (EOR) adalah salah satu metode produksi minyak dengan tujuan untuk meningkatkan atau mengoptimalkan jumlah minyak yang dapat diproduksikan dari suatu reservoir dan injeksi polimer.

Ari mengungkapkan, untuk mendukung EOR di Blok Rokan, sejauh ini Elnusa masih menunggu proses tender.  "Namun, sambil jalan, Elnusa sedang menyiapkan produk kimia (chemical products) yang dikembangkan secara mandiri untuk mendukung EOR. Adapun untuk produk kimia ini, ELSA melakukan kerja kolaboratif dari tim polifield services dan PT Elnusa Petrofin," jelasnya. 

Sejalan dengan persiapan mendukung EOR di Blok Rokan, sebelumnya Elnusa juga telah terlibat aktif melakukan uji coba lapangan metode baru EOR yang menggunakan vibroses, kendaraan getar untuk seismik di lapangan Jambi. Lewat teknologi ini, ELSA berharap bisa memberikan hasil yang cepat dan signifikan untuk diterapkan dalam skala besar di masa yang akan datang. 

Adapun untuk belanja modal yang diperlukan dalam mendukung EOR di Blok Rokan, Ari mengatakan pihaknya sedang menyiapkan dana yang telah diperoleh dari sukuk. Namun sayang, Ari belum bisa buka-bukaan berapa nominalnya. 

Baca Juga: Pacu kinerja di semester kedua, begini strategi Elnusa (ELSA)

Sampai dengan semester I 2021, Elnusa telah meraih kontrak senilai Rp 6,5 triliun. Adapun pendapatan usaha senilai Rp 3,7 triliun atau tumbuh 2,2% yoy. Laba bruto yang dicatatkan ELSA di paruh pertama tahun ini senilai Rp 282 miliar dan laba operasi sebesar Rp 127 miliar. 




TERBARU

[X]
×