kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,37   -12,85   -1.36%
  • EMAS1.003.000 0,40%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Emtek Grup genggam saham minoritas di RANS Entertainment


Sabtu, 30 Oktober 2021 / 09:43 WIB
Emtek Grup genggam saham minoritas di RANS Entertainment
ILUSTRASI. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emtek Grup alias PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) kini menggenggam saham di RANS Entertainment yang didirikan oleh artis kondang Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Grup EMTK berkolaborasi dengan RANS Entertainment lewat unit bisnis di anak usahanya, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Direktur Utama Surya Citra Media Sutanto Hartono mengungkapkan, melalui anak usahanya, yakni Indonesia Entertainment Group (IEG), SCMA telah menyuntikkan investasi kepada RANS Entertainment. Sayangnya, Sutanto belum membeberkan berapa nilai investasi dan juga porsi saham yang saat ini digenggam SCMA.

Yang pasti, Sutanto menegaskan bahwa SCMA memiliki saham yang minoritas, kendati cukup signifikan. Namun Raffi dan Nagita masih menjadi pemegang saham mayoritas di RANS Entertainment.

"Kami belum pada posisi men-disclose mengenai berapa nilai investasi maupun prosentase kepemilikan. Yang perlu di-highlight, Raffi dan Nagita masih tetap mayoritas daripada RANS. Jadi kami memiliki kepemilikan yang minoritas, tapi cukup lumayan," ungkap Susanto dalam konferensi pers yang digelar Jumat (29/10).

Baca Juga: Gerak Cepat Ekspansi Sarana Meditama (SAME) di Bawah Kendali Grup Emtek (EMTK)

Dia juga belum membeberkan secara detail mengenai target bisnis serta skema kolaborasi yang akan dilakukan SCMA dan RANS Entertainment. 

Menurut Sutanto, SCMA bersama manajemen RANS masih akan berdiskusi mengenai target dan anggaran untuk tahun depan.

"Ini kan baru terbentuk (kerjasama), ini juga akhir tahun. Kami dalam tahap untuk duduk bersama, melihat budget tahun 2022 maupun yang bisa kami lakukan di industri, supaya lebih intens," sebut Sutanto yang juga merupakan Wakil Presiden Direktur EMTK.

IEG merupakan salah satu unit bisnis SCMA yang berperan sebagai content powerhouse, yang juga memiliki beragam unit usaha yang bergerak di bidang talent, influencer dan creator management dan event production. Selain itu, IEG membangun partnership dengan berbagai content creators, seperti Sinemart, ScreenPlay Film, Base Entertainment, Sky Films, VIP, IEP.

Sutanto berharap bersama SCMA, RANS yang memiliki popularitas tinggi serta lini bisnis yang terus berkembang, bisa lebih lincah dalam menumbuhkan usahanya. "Kami akan saling mengkomplemen, misalnya dari sisi platform mereka (RANS) sangat kuat di sosal media dan YouTube. Kami kuat dari sisi free to air, FTV maupun platform OTT, saya rasa itu perpaduan yang luar biasa," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Chairman & Founder RANS Entertainment Raffi Ahmad mengaku antusias melakukan kolaborasi bersama SCMA atau Emtek Grup. Meski menanamkan investasi, namun Raffi menegaskan bahwa SCMA tidak mengekang RANS Entertainment untuk melakukan kontrak eksklusif.

Sehingga, RANS masih bisa lincah dalam memproduksi konten maupun melanjutkan agenda bisnisnya. 
"Kolaborasinya, RANS harus tetap jadi RANS, yang saya respect mereka (SCMA) tidak mengikat kaki kami. Maksudnya, RANS mau berkolaborasi dengan media mana pun, mereka welcome, e-commerce mana pun, apa pun. Ibaratnya, kami merasa jadi lebih bebas mengekspresikan," jelas Raffi.

Untuk tahap awal ini, kolaborasi SCMA dan RANS Entertainment setidaknya akan diwujudkan ke dalam dua program. Pertama, SCMA dan RANS akan mendukung gelaran Liga 3 di tahun 2021 dengan menayangkan seluruh pertandingannya, baik di platform milik SCMA seperti Vidio, Nex Parabola dan O Channel, serta Youtube channel RANS Entertainment, RANS Sports dan RANS Cilegon FC.

Baca Juga: Belanja iklan membaik, intip rekomendasi saham SCMA dari Samuel Sekuritas

Kedua, joint venture antara RANS dan 1ID Entertainment, yang merupakan bagian dari IEG, berencana meluncurkan BUND Lifetainment di tahun 2022. 

Nagita Slavina yang juga merupakan Founder & Chief Community Officer BUND Lifetainment mengungkapkan bahwa ini merupakan digital media network yang diharapkan bisa menghibur serta memberi inspirasi dan informasi seputar dunia perempuan.

Asal tahu saja, saat ini RANS Entertainment  memiliki sejumlah lini bisnis. Dari sisi popularitas, RANS memiliki lebih dari 108 juta followers dari berbagai social media platform seperti YouTube, Instagram, TikTok dan Facebook. RANS juga memiliki berbagai digital asset dan intellectual properties untuk program animasi, serta mengembangkan RANS Music.

Selain bergerak di bidang media, konten dan kreatif, RANS juga memiliki bisnis dan investasi ke area sport dan juga e-sports, melalui RANS Cilegon FC, RANS PIK Basketball dan RANS E-Sport.

Dari sisi manajemen, Raffi Ahmad menjabat sebagai Chairman & Founder  RANS Entertainment. Sedangkan Nagita Slavina merupakan founder & CEO.

Selanjutnya ada Dony Oskaria yang menjabat sebagai Co-founder RANS Entertainment. Lalu ada putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep sebagai Komisaris, serta Sutanto Hartono yang berposisi sebagai Eksekutif Chairman.

"Tim kecilnya ini dulu. Pastinya, seiring berjalannya waktu, kami sangat open banget (bekerjasama dengan pihak lain) yang penting sejalan sama kami," pungkas Raffi Ahmad.

Selanjutnya: Simak rekomendasi saham SMGR, PRDA, dan EMTK untuk Rabu (25/8)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×