kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Entitas perusahaan Bintraco Dharma (CARS) akuisisi dua perusahaan sektor otomotif


Selasa, 19 Januari 2021 / 18:03 WIB
Entitas perusahaan Bintraco Dharma (CARS) akuisisi dua perusahaan sektor otomotif
ILUSTRASI. PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma. Induk usaha dari PT New Ratna Motor. Foto: Dok.Bintraco Dharma

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Entitas perusahaan PT Bintraco Dharma Tbk (CARS), PT New Ratna Motor mengakuisisi sebagian saham dari dua perusahaan yang bergerak di bidang usaha perbengkelan serta perdagangan terutama berbagai jenis kendaraan bermotor baru dan bekas.  

Rinciannya, New Ratna Motor membeli 45% atau sebanyak 450 saham PT Nasmoco Bengawan Motor dari Sebastianus Harno Budi. Total nilai transaksi ini mencapai Rp 33,60 miliar. Kemudian, New Ratna Motor juga membeli 45% setara dengan 1.350 saham milik PT Ahabe Niaga Selaras pada PT Bengawan Abadi Mandiri. Total nilai transaksinya senilai Rp 72,84 miliar.

Investor Relations Bintraco Dharma, Yosef menjelaskan transaksi yang dilaporkan dalam keterbukaan informasi merupakan transaksi afiliasi yang menjadikan entitas anak usaha CARS yakni New Ratna Motor yang bergerak di sektor otomotif mengendalikan secara penuh kepemilikan saham di anak usahanya Bengawan Abadi Mandiri dan Nasmoco Bengawan Motor. 

"Adapun tujuan dari transaksi ini hanya untuk meningkatkan porsi kepemilikan New Ratna Motor untuk memperkuat bisnis dealership Toyota. Jadi menguatkan porsi saham New Ratna Motor dengan transaksi afiliasi ini, secara operasional tidak ada perubahan," jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (18/1). 

Yosef mengatakan tidak ada target khusus lainnya selain meningkatkan porsi kepemilikan New Ratna Motor.  Dalam keterangan informasi, Jumat (15/1) manajemen Bintraco Dharma menjelaskan  transaksi afiliasi ini dilakukan bertujuan untuk memperkuat posisi keuangan group Bintraco Dharma dan meningkatkan daya saing New Ratna Motor. 

Baca Juga: Anak usaha Bintraco Dharma (CARS) akuisisi dua perusahaan di sektor perbengkelan

Selain itu juga mendukung kegiatan usaha New Ratna Motor dan menambah pendapatannya secara langsung. Perolehan laba bersih New Ratna Motor dengan dilakukannya rencana transaksi ini akan meningkat rata-rata sebesar Rp 122,8 miliar per tahun dibandingkan dengan tidak dilakukannya rencana transaksi. 

Adapun menurut analisis transaksi, manfaat rencana transaksi diperkirakan dapat meningkatkan pendapatan konsolidasi Bintraco Dharma yang berasal dari pendapatan  Nasmoco Bengawan Motor dan Bengawan Abadi Mandiri. Selain itu, dengan dilakukannya transaksi afiliasi ini maka laba yang di peroleh New Ratna Motor sehingga akan meningkatkan laba Bintraco Dharma secara konsolidasi. 

Secara umum, Yosef mengatakan prospek bisnis di 2021 diharapkan bisa meningkat seiring dengan harapan vaksinasi kepada masyarakat. Menurutnya hal ini bisa memulihkan tingkat kepercayaan konsumen dan kondisi otomotif nasional secara umum.

"Kami belum dapat mengungkapkan anggaran belanja modal saat ini namun semua akan ditentukan dari kecepatan penangan kasus Covid-19 ini sehingga permintaan bisa kembali pulih," kata Yosef. 

Selanjutnya: Bintraco Dharma (CARS) optimistis kinerjanya tumbuh di tahun 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×