kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Event belanja online terpopuler sepanjang 2017


Minggu, 24 Desember 2017 / 15:05 WIB
Event belanja online terpopuler sepanjang 2017


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. iPrice Group menganalisa peta persaingan bisnis e-commerce di Indonesia berdasarkan Google, jumlah pengunjung, aplikasi mobile dan media sosial. Dalam siaran pers yang diterima KONTAN, iPrice Group memperhatikan beberapa kampanye belanja online dari e-commerce yang berbeda sepanjang 2017.

Berikut temuan iPrice Group berdasarkan tiga kampanye belanja online terbesar di Indonesia.

1. Bulan Ramadhan

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen besar di Indonesia. iPrice Group menemukan fakta menarik mengenai perilaku konsumen Indonesia saat bulan Ramadhan di tahun ini.

Masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur sebagai waktu untuk berbelanja online. Terdapat lonjakan sebanyak 400% saat pukul 5 dini hari di periode ini. Selain itu, Konsumen Indonesia juga berbelanja online saat jam makan siang, yakni meningkat sebesar 50%.

2. Single’s Day 11.11

Saat periode Single’s Day, iPrice Group juga melakukan perbandingan popularitas e-commerce di Indonesia dan menganalisa perilaku belanja konsumen online. Berikut temuan iPrice Group:
- Lazada, Shopee, dan Bukalapak adalah e-commerce yang paling populer di mayoritas provinsi di Indonesia
- Terdapat lonjakan search interest pada Lazada saat pukul 01.00 dan 13.00
- Popularitas Tokopedia tetap tinggi meskipun mereka tidak melakukan promo spesial apa pun selama periode Single’s Day
- Setelah 11.11, search interest semua e-commerceturun dan kembali seperti biasa

3. Promo Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12

Setelah promo 11.11, iPrice Group juga mengumpulkan data perilaku konsumen saat periode Harbolnas menggunakan data Google Trends. Berikut temuannya:
- Lima besar e-commerce yang paling populer selama Harbolnas adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora.
- Lazada mengalami peningkatan searchinterest yang cukup signifikan pada tanggal 11 Desember 2017 pukul 21.00. Hal ini dikarenakan acara konser spesial mereka di salah satu stasiun televisi nasional.
- Lonjakan drastis pada semua lima besar e-commerce pada tanggal 12 Desember 2017 pukul 10.00-13.00.

Artikel lengkap mengenai hal ini dapat dilihat di situs ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×