kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Facebook ajak pengguna lindungi privasi di ranah online melalui fitur ini


Jumat, 13 September 2019 / 13:31 WIB
Facebook ajak pengguna lindungi privasi di ranah online melalui fitur ini
Facebook Indonesia Cafe


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sosial media menjadi wadah yang tak hanya sebatas membagi momen tapi juga tempat membangun komunitas dan dunia menjadi lebih dekat. Seperti halnya tiga sosial media Facebook, Instagram dan WhatsApp yang hampir di semua pengguna smartphone Indonesia memilikinya.

Perlu diketahui bahwa dengan majunya teknologi tak menutup kemungkinan jika terbuka juga celah orang tak bertanggung jawab untuk memanfaatkan akun sosial media orang lain. Kegiatan tersebut biasa disebut dengan hacking.

Namun hal tersebut dapat dihindari jika pengguna menerapkan kendali privasi yang ada di akunnya baik Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Ada beberapa cara untuk mengatur informasi yang akan dibagikan melalui sosial media. Bahkan dengan siapa kita ingin berbagi konten yang kita posting juga dapat diatur.

Baca Juga: Viral video Xanana Gusmao mencium kening BJ Habibie, simak penjelasannya

"Secara umum saja masyarakat kita masih perlu untuk lebih tahu lagi tentang privasi, sudah ada juga yang aktifkan keamanan di FB tapi kita ingin tingkatkan kesadaran masyarakat, terutama fitur dan privasi di ranah online," tutur Noudhy Valdryno, Manajer Kampanye Kebijakan, untuk Facebook di Indonesia, Jumat (13/9).

Ada beberapa langkah untuk menjaga akun Facebook, Instagram dan WhatsApp tetap aman. Pengguna dapat mengaktifkan fitur Autentifikasi Dua-Faktor yang ada di ketiga sosial media tersebut.

Autentifikasi Dua-Faktor diterangkan oleh Noudhy adalah fitur dimana jika ada yang login ke akun kita melalui perangkat lain selain yang kita miliki atau perangkat yang tidak dikenal, maka akan ada notifikasi muncul di perangkat kita. Notifikasi biasanya akan memverifikasi apakah kegiatan login tersebut berasal dari si pemilik aku atau bukan.

"Jadi kalau ada yang login nih dari perangkat lain, akan ada notif di handphone kita. Yah, itu adalah langkah dasar pelindungan akun. Kita sarankan semua masyarakat gunakan itu," tambah Noudhy.

Baca Juga: Libra harus penuhi standar tertinggi untuk bisa berbisnis di Amerika

Fitur Autentifikadi Dua-Faktor sendiri baik di Facebook, Instagram dan WhatsApp ada di pintasan atau menu privasi. Selain fitur tersebut langkah lain dalam melindungi akun Facebook, Instagram dan WhatsApp adalah dengan mengelola setiap postingan di Facebook dan Instagram atau fitur Pengaturan Privasi.

Pengguna dapat memilih dengan siapa saja konten baik story maupun postingan di beranda tersebut ingin ia bagikan.

Kembali Noudhy menegaskan pentingnya bagi pengguna untuk memahami bagaimana cara melindungi informasi di ranah online terutama di Facebook, Instagram dan WhatsApp menggunakan fitur pengaturan Privasi dan Pintasan Privasi. 

Nah, bagi masyarakat yang ingin tahu banyak Facebook membuka Facebook Cafe yang jadi satu dengan Filosofi Kopi di Jakarta, disana pengguna dapat mencari informasi bagaimana cara melindungi akun dan privasinya di ranah online langsung dari Facebook. Giat ini digelar selama tiga hari mulai 13-15 September 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×