kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Facelift Ford Ranger dan Ford Everest Siap Meluncur Juni


Rabu, 22 April 2009 / 09:22 WIB


Reporter: Ali Imron | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kondisi ekonomi makro nasional yang semakin membaik membuat Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) semakin agresif. Mereka pun semakin berani untuk meluncurkan beberapa varian baru ke pasar para kuartal kedua nanti.

Salah satu ATPM yang kini bersiap untuk meluncurkan varian baru adalah PT Ford Indonesia. Mereka bakal meluncurkan Ford Ranger di segmen pick up dan Ford Everest di segmen SUV 4x4 sekaligus pada Juni nanti. Ini sekaligus untuk menyegarkan pasar ford secara nasional. “Kami siap untuk meluncurkan versi faceliftnya,” kata Direktur Marketing PT Ford Indonesia Davy Tuilan, kemarin.

Malah rencananya, untuk Ford Ranger mereka bakal membawa empat tipe tambahan lagi. Dan sejauh ini Ford sudah memiliki 11 tipe. “Totalnya bakal ada 15 tipe. Tapi kami masih belum bisa bilang apa tipe tambahan tersebut,” ujarnya.

Sedangkan untuk Ford Everest, Ford Indonesia juga akan memasukkan satu tipe yang akan menyasar segmen high end. Pasalnya, selama ini Ford Everest baru memiliki satu tipe saja di pasaran. Dengan tambahan tersebut, itu berarti, Ford berusaha untuk meluaskan pasarnya sendiri. “Untuk tipe terbaru ini akan memiliki fitur yang lebih lengkap dengan harga yang kompetitif,” tandasnya.

Rencananya mereka bakal menjual Ford Ranger sebanyak 200 unit. Sedangkan untuk Ford Everest mereka bakal menjual sebanyak 100 unit. Target tersebut tidak berbeda jauh dengan penjualan kedua mobil itu per bulan.

Hingga Maret ini, penjualan Ford Ranger berhasil menembus angka 839 unit. Dengan demikian, penjualan per bulannya mencapai 280 unit. Sementara untuk penjualan Ford Everest sampai Maret ini berhasil menembus angka 209 unit. “Penjualan per bulannya sekitar 80 unit,” tandasnya.

Kendati demikian, penjualan mobil Ford secara nasional pada 2009 ini menembus angka 1.321 unit. Angka tersebut jelas mengalami penurunan sebesar 15% bila dibandingkan dengan periode yang sama 2008. Penjualan Ford saat itu sekitar 1.559 unit. “Dari penjualan itu, Ford Focus memberikan kontribusi terbesar sekitar 60% bagi penjualan Ford,” tandasnya.

Sekjen Gaikindo Freddy Soetrisno mengatakan, secara umum pasar mobil secara nasional hingga Maret ini menembus angka 100.250 unit. Sementara pada periode yang sama, penjualan mobil nasional 2008 tembus 135.603 unit. “Ada penurunan sekitar 26 %,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×