kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Fenoma harga sepeda motor bekas tembus ratusan juta, ini penyebabnya


Senin, 13 Juli 2020 / 12:30 WIB
Fenoma harga sepeda motor bekas tembus ratusan juta, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Yamaha RX-King

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Solo. Harga sepeda motor bekas dengan mesin 2 tak (2 stroke) semakin mahal. Bahkan, harga sepeda motor bekas mesin 2 tak bisa mencapai di atas Rp 50 juta bahkan hingga ratusan juta. Padahal, biasanya harga sepeda motor bekas tersebut hanya sekitar Rp 10 juta. 

Pabrikan kendaraan roda dua di Indonesia memang sudah tidak lagi memproduksi sepeda motor jenis sport dengan mesin 2 tak. Meski begitu, bukan berarti keberadaan motor dengan mesin dua langkah ini begitu saja dilupakan oleh para pencinta kuda besi.


Sebaliknya, lantaran sudah tidak ada produk barunya membuat model lawas semakin banyak diburu dan harganya kadang juga tidak masuk akal. Untuk jenis motor sport, setidaknya ada dua tipe yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya dan diminati, yakni Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja 1150 R dan 150 RR.

Baca juga: Lelang mobil dinas Toyota Kijang 1997-1998, ada 4 unit, harga hanya Rp 20 jutaan 

Kedua jenis motor sport yang masih mengadopsi sistem pengabut karburator ini bahkan dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Tentunya harga tersebut bukan semata-mata karena banyak yang mencarinya, tetapi ada keistimewaan tersendiri sehingga harganya bisa sangat fantastis. Seperti halnya RX King yang sempat menembus di angka Rp 200 juta. Padahal, di pasaran motor bekas harga motor yang berjuluk “motor jambret” tersebut berkisar antara Rp 10 juta sampai puluhan juta rupiah saja.

Pemilik diler mokas Setia Kasih Motor Tri Sekam mengatakan, motor sport 2 tak yang masih banyak peminatnya di antaranya Ninja 150 R, 150 RR dan RX King.

Bahkan untuk RX King, Tri mengatakan, tidak ada harga pasaran pastinya melainkan menyesuaikan dengan kondisi barangnya. “Kalau harga pasarannya (di diler mokas) di angka Rp 10 juta. Tetapi, ada yang juga yang membuka harga sampai Rp 55 juta - Rp 60 juta, itu yang benar-benar orisinal,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Tri menambahkan, selain ditentukan oleh kondisi motor harga RX King juga berdasarkan kesepakatan antara pemilik atau penjual dengan calon pembelinya. “Jadi memang motor ini hampir tidak ada pasarannya, tergantung yang jual dan pembeli saja. Selain itu, kondisi motor juga mempengaruhi harganya,” ucapnya.

Sementara, untuk harganya Ninja R juga masih terbilang cukup tinggi. Untuk lansiran 2012 yang masih orisinal harganya bisa di atas Rp 18 juta. “Kalau yang Ninja RR atau full fairing saya menjualnya masih di atas Rp 20 juta. Bahkan ada yang tergolong antik itu pernah terjual sampai Rp 35 juta,” katanya.

Baca juga: Harga mobil bekas di bawah Rp 100 juta, pilihannya Avanza, Yaris, Jazz, Brio dll 

Terpisah, pemilik diler mokas Nugroho Motor, Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, harga pasaran Ninja Rp tahun 2009 bisa sampai Rp 16,5 juta. “Ninja 2010 RR bisa sampai Rp 17,5 juta, RR tahun 2013 harga pasarannya sampai Rp 23 juta,” ucapnya.

(Ari Purnomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Motor Sport 2 Tak Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah", 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×