kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Festival Kreatif Lokal diharapkan bisa naikkan taraf hidup pelaku ekonomi kreatif


Sabtu, 29 Agustus 2020 / 05:41 WIB
 Festival Kreatif Lokal diharapkan bisa naikkan taraf hidup pelaku ekonomi kreatif


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memutar otak untuk bisa mengembangkan usaha kecil dan menengah di sektor pariwisata di tengah wabah Covid-19. Salah satunya lewat Festival Kreatif Lokal 2020. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara Kemenparekraf dengan pihak swasta, yakni PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).

"Saya harapkan program ini bukan gimmick semata. Dengan adanya Festival Kreatif Lokal diharapkan dapat mengangkat pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi dan juga meningkatkan taraf hidup serta memberdayakan pelaku ekonomi kreatif baik di bidang fesyen, musik, dan lainnya," ujar Wishnutama dalam Konferensi Pers Virtual, Kamis (27/8).

Baca Juga: Menteri Pariwisata: Pembukaan kembali bioskop dapat membangkitkan industri film

Festival Kreatif Lokal resmi diselenggarakan mulai 27 Agustus 2020 hingga Januari 2021. Lewat penandatanganan Nota Kesepahaman Festival Kreatif Lokal dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap ada hasil yang baik dari kerjasama ini. 
"Penandatanganan nota menjadi spesial karena kemitraan Kemenparekraf dan Adira diharapkan mampu memajukan ekonomi kreatif ke depan," lanjut Wishnutama.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, mengatakan, Festival Kreatif Lokal 2020 merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan “Bangkit Bersama Sahabat” yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021. 

Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

“Pandemi Covid-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, #FestivalKreatifLokal 2020 adalah wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia," ujar Hafid Hadeli.

Baca Juga: Industri pariwisata diharapkan bisa mendorong perekonomian Indonesia lagi

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×