kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch Ratings menurunkan peringkat SOCI jadi B Outlook Stabil


Selasa, 15 Januari 2019 / 16:35 WIB
Fitch Ratings menurunkan peringkat SOCI jadi B Outlook Stabil


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Rating PT Soechi Lines Tbk (SOCI), direvisi oleh Lembaga Pemeringkat, Fitch Ratings pada hari ini, 15 Januari 2019. Asal tahu saja sebelumnya perusahaan mendapatkan Rating B+ Outlook Negatif menjadi Rating B Outlook Stabil,

Perusahaan kapal tanker dan galangan kapal mendapatkan penurunan rating berkaitan dengan Rasio FFO-Adjusted Net Leverage yang berada diatas 5 kali, atau di atas level 4,0 kali yang ditentukan oleh Fitch Ratings sebagai pemicu penurunan rating.

Dalam keterbukaan informasi hari ini, manajemen menyampaikan pinjaman baru tahun 2018 untuk memenuhi kebutuhan permintaan tanker di dalam negeri. Penambahan pinjaman sekitar US$70 juta per Desember 2018 digunakan untuk mengakuisisi 2 kapal dan mengkonversi 1 kapal menjadi Floating Storage and Offloading (FSO).

Kapal yang diakuisisi terdiri dari sebuah kapal gas ukuran ±50,000 DWT dan sebuah kapal tanker produk ukuran ±16,000 DWT yang masing-masing telah memperoleh kontrak penyewaan time charter untuk periode 2 tahun dengan pandangan penyewaan kedua kapal akan berkesinambungan dalam jangka panjang sehabis periode kontrak pertamanya.

Konversi sebuah kapal menjadi FSO baru saja selesai pada kuartal IV 2018. Belanja modal digunakan untuk proses pengkonversian kapal FSO tersebut dan karena proses pengkonversiannya, kapal berada dalam kondisi tidak terutilisasi selama 1 tahun terakhir sehingga kapal tidak memberikan kontribusi EBITDA kepada Perseroan sementara pinjaman untuk konversi kapal telah mulai dibukukan pada neraca.

Kapal FSO yang dikonversi ini juga telah terikat kontrak time charter jangka panjang dengan pelanggan untuk periode 6 tahun. Sementara ketiga kapal belum memberikan utilisasi penuh pada 2018, pinjaman ketiga kapal telah menaikkan Rasio FFO-Adjusted Net Leverage pada 2018.

Perusahaan melihat utilisasi kapal yang semakin baik termasuk utilisasi penuh dari 2 kapal yang diakuisisi tahun 2018 dan kapal FSO yang baru selesai dikonversi akan mendorong pertumbuhan EBITDA pada tahun 2019. EBITDA akan memberikan ruang bagi Perseroan untuk menurunkan rasio leverage tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×