kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FITCO tawarkan reward bagi para pejalan kaki di Jakarta


Senin, 18 Februari 2019 / 21:51 WIB
FITCO tawarkan reward bagi para pejalan kaki di Jakarta


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Dengan semakin padat dan macetnya lalu lintas di Jakarta, beberapa orang akhirnya beralih menggunakan angkutan umum. Penggunaan angkutan umum seperti Transjakarta, Commuter Line ini tak hanya sekadar mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Namun juga lebih menyehatkan karena lebih sering berjalan kaki.

Sebuah startup bernama Fitco mencoba menawarkan sebuah terobosan baru, yaitu mengapresiasi para pejalan kaki tersebut. Melalui aplikasi FITCO yang dapat diunduh di play store dan apps store, langkah kaki para penggunanya nanti akan dihitung oleh aplikasi tersebut. Tak sekadar menghitung, aplikasi FITCO sekaligus memberikan apresiasi terhadap setiap langkah penggunanya.

“Setiap langkah pengguna akan diapresiasi dengan FITCOINTS. FITCOINTS yang terkumpul ini lah yang nantinya bisa ditukarkan dengan reward. Untuk reward sendiri, FITCO saat ini sudah menjalin 15 partner yang akan menawarkan reward berupa voucher diskon, product-product tertentu dan berbagai penawaran lainnya,” ujar salah satu Founder FITCO Evan Sebastian kepada Kontan.co.id, Senin (18/2).

Beberapa partner yang telah menjalin kerja sama dengan FITCO di antaranya adalah seperti F45, Bro.do dan 20Fit. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat rekap langkah dan pencapaian mereka. Aplikasi ini tidak memerlukan perangkat tambahan, artinya pengguna dapat menikmati fitur lengkap FITCO hanya dalam satu genggaman smartphone penggunanya.

Evan menilai bahwa FITCO punya potensi yang menjanjikan untuk bisa terus berkembang. Berdasarkan data yang ia kumpulkan, setidaknya terdapat 1,5 juta pengguna angkutan umum di Jakarta dan sekitarnya setiap harinya. Menurutnya pengguna transportasi umum ini lah yang menjadi target market sekaligus masa depan FITCO.

Evan dan timnya saat ini tengah menyiapkan produk beserta model bisnis lanjutan yang akan diterapkan begitu aplikasi FITCO ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Evan tidak merinci seperti apa model bisnisnya, namun yang jelas model bisnis berikutnya akan melibatkan angkutan umum seperti Trans Jakarta hingga Commuter Line.

“Saat ini fokus kami adalah menggaet sebanyak mungkin masyarakat untuk menjadi pengguna FITCO. Bila pengguna FITCO telah menyentuh angka 5.000, barulah kami akan meluncurkan model bisnis dan produk baru kami,” ujarnya.

Dalam upayanya mencapai target tersebut, FITCO telah menyiapkan strategi baik secara online atau offline. Untuk online, FITCO akan menghadirkan campaign-campaign menarik dan berhadiah untuk mengajak masyarakat mengunduh aplikasi FITCO. Sementara strategi offline dilakukan dengan cara membuat event-event dan mendirikan booth pada acara Car Free Day.

Evan berharap bahwa aplikasi ini tak hanya sekadar mengapresiasi apa yang telah dilakukan para pengguna angkutan umum. Ia berharap FITCO juga bisa membantu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan gaya hidup yang sehat dan ramah lingkungan.

“Harapannya nantinya masyarakat akan lebih bersemangat menggunakan transportasi umum. Ini juga akan berkontribusi terhadap penurunan penggunaan kendaraan pribadi. Ditambah ini juga menyehatkan gaya hidup masyarakat dengan sering berjalan kaki,” harapnya. Aplikasi FITCO sendiri dapat diunduh mulai 20 Februari 2019 mendatang di Google Play Store dan Apps Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×