kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitur Live Streaming Masih Jadi Primadona Kalangan Seller E-Commerce


Rabu, 17 Januari 2024 / 17:46 WIB
Fitur Live Streaming Masih Jadi Primadona Kalangan Seller E-Commerce


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu perusahaan riset, Ipsos Indonesia mengungkapkan bahwa fitur live streaming yang melekat pada beberapa platform e-commerce masih menjadi salah satu fitur primadona yang kerap digunakan para seller atau penjual. 

Ipsos dalam survei terbaru mereka berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” mengungkapkan bahwa kehadiran fitur berjualan secara real-time ini memberikan banyak manfaat bagi penjual khususnya brand lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Dari data Ipsos, platform penjualan live streaming ini berhasil memberikan peningkatan omset (73%), ekspansi jangkauan pasar (68%), penghematan biaya promosi (64%), kemudahan berinteraksi dengan pelanggan online secara real-time (60%), dipercaya oleh pelanggan (59%), lebih aman dalam transaksi (49%), serta merasa lebih unggul dalam persaingan (37%). 

Baca Juga: Nilai Transaksi E-Commerce Turun 4,73% Sepanjang Tahun Lalu

Dalam survei yang dilakukan terhadap 360 orang, mencakup para penjual berada di empat wilayah Indonesia yakni Jabodetabek, Semarang, Medan dan Makassar dan dilakukan selama periode Agustus - September 2023 tersebut, dijelaskan juga beberapa aspek yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e- commerce.

Yang pertama adalah fitur live streaming dengan layanan interaktif untuk pertumbuhan bisnis khususnya brand lokal dan UMKM. Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. 

“Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen,” ungkap Direktur Eksekutif Ipsos Indonesia, Andi Sukma, Senin (15/01).

Keterlibatan ini membuat pengalaman berbelanja yang tidak hanya lebih personal tetapi juga meninggalkan kesan yang tak terlupakan. 

Kemudian, dalam segi pelayanan interaktif, IPSOS mengemukakan Shopee Live dengan 59%, menunjukkan keunggulannya yang signifikan dibandingkan dengan TikTok Live (26%), Lazada Live (8%), dan Tokopedia Play (7%) bagi brand lokal dan UMKM.

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM. Sementara kontribusinya terhadap pertumbuhan bisnis dengan 62% responden mengakui bahwa Shopee Live menjadi pilihan sebagai fitur live streaming yang paling membantu mereka untuk bertumbuh. Diikuti oleh TikTok Live (26%), Tokopedia Play (7%), dan Lazada Live (6%).

Baca Juga: Makin Banyak Bank Besar Tergiur Pasar Paylater

Kemudian, melalui survei ini, terungkap bahwa mayoritas brand lokal dan UMKM dari kategori Fashion (56%), Beauty, Care, & Health (39%), dan Daily Product atau FMCG (32%), serta kebutuhan Lifestyle (17%), menjadi kategori penjual yang paling banyak memanfaatkan fitur live streaming milik platform marketplace. Selain itu, penjual dari kategori perlengkapan rumah, dan elektronik juga mulai banyak mengikuti tren penjualan ini.

“Jika kita menganalisa lebih dalam data di atas, kategori Fashion dan Beauty, sebagai

dua kategori utama yang selalu menjadi incaran masyarakat. Perkembangan kedua kategori ini pun mengungkapkan bagaimana transformasi digital telah memberikan gaya berjualan baru lewat popularitas live streaming di platform e-commerce,” ungkap Andi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×