kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Forbes rilis daftar terbaru orang terkaya Indonesia 2021, ini 4 pendatang baru


Rabu, 15 Desember 2021 / 14:38 WIB
Forbes rilis daftar terbaru orang terkaya Indonesia 2021, ini 4 pendatang baru
ILUSTRASI. Pemilik Grup Djarum Michael Hartono. Forbes rilis daftar terbaru orang terkaya Indonesia 2021, ini 4 pendatang baru


Sumber: Forbes | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SINGAPURA. Di tengah pemulihan ekonomi, hampir tiga perempat dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021 mencatat kenaikan kekayaan . Ada delapan taipan yang menambahkan kekayaan sebesar US$ 1 miliar atau lebih. 

Kekayaan bersih gabungan orang terkaya Indonesia versi Forbes naik lebih dari 21% ke rekor US$ 162 miliar, lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar US$ 133 miliar.

Melansir Forbes, Rabu (15/12), Forbes mencatat, R.Budi dan Michael Hartono mempertahankan posisi teratas dengan kekayaan bersih sebesar US$ 42,6 miliar. Duo pemilik Grup Djarum itu juga termasuk penghasil dolar terbesar pada 2021 dengan menambahkan kekayaan sebesar US$ 3,8 miliar.

Sumber utama penambahan kekayaan mereka berasal dari  kenaikan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Baca Juga: 10 Daftar taipan terkaya Indonesia dan nilai kekayaannya pada pekan ini

Posisi kedua adalah keluarga Widjaja. Meskipun nilai kekayaan mereka menyusut sebesar US$ 2,2 miliar tapi konglomerat  pemilik Grup Sinar Mas itu tetap bertahan diurutan ke-2 dengan kekayaan bersih US$ 9,7 miliar. 

Mereka termasuk di antara tujuh orang dalam daftar yang mengalami penurunan kekayaan tahun ini, karena penjualan dan keuntungan yang lebih rendah dalam bisnis kertas grup.

Di posisi ketiga ada Anthoni Salim pemilik bisnis Salim Group. Setelah jeda empat tahun, Anthoni Salim yang menjalankan bisnis dari makanan hingga telekomunikasi mencatat kenaikan kekyaan bersih 44% menjadi US$ 8,5 miliar.

Kenaikan kekayaan itu terjadi karena investasinya di perusahaan yang sedang naik daun seperti Emtek dan operator pusat data DCI Indonesia.

Baca Juga: Jeff Bezos sumbang sebesar Rp 6,35 triliun untuk atasi perubahan iklim

Kemudian di nomor ke-4 ada Sri Prakash Lohia dari Indorama Corp yang juga mencatat kenaikan kekayaan sebesar US$ 600 juta menjadi total US$ 6,2 miliar. Pada posisi kelima ada Prajogo Pangestu dari Barito Pacific dengan kekayaan bersih naik sedikit menjadi US$ 6,1 miliar.

Sementara itu, taipan yang paling banyak menikmati manfaat perbankan digital tahun ini adalah bankir veteran Jerry Ng. Bahkan Jerry menjadi pemenang terbesar pada tahun ini dalam hal presentase kenaikan kekayaan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×