kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ford patok New Focus laku 15 unit per bulan


Jumat, 22 Oktober 2010 / 07:00 WIB
Ford patok New Focus laku 15 unit per bulan
ILUSTRASI. Keterangan pers S&P


Reporter: Gloria Haraito |

JAKARTA. PT Ford Motor Indonesia (FMI) yakin peluncuran facelift New Focus akan mendongkrak penjualan. Selama ini, penjualan Focus mencapai 10 unit per bulan. Nah, dengan adanya New Focus, FMI yakin penjualan bisa mencapai 15 unit per bulan.

Will Angove, Presiden Direktur FMI mengatakan New Focus lebih cocok disejajarkan di kelas compact car alias C car. Yang termasuk dalam kelas ini biasanya mobil kompak berkapasitas 1.800 cc - 2.00 cc. Kelas ini diramaikan oleh model sedan dan hatchback.

"Di kelas C car hatchback, boleh dibilang tidak ada pemain lain yang bertahan sehingga pangsa pasar kami 100% di kelas ini," terang Will di Jakarta, Kamis (21/10).

Kelas hatchback C car ini setingkat lebih tinggi dari kelas hatchback pada umumnya yang menawarkan mobil berkapasitas 1.500 cc. Itu sebabnya, harga New Focus berkisar antara Rp 240 juta dan Rp 342,2 juta, lebih mahal ketimbang harga pasar hatchback. Meski lebih mahal, FMI optimistik New Focus akan diterima oleh pasar.

Donald Rachmat, Manajer Merek FMI mengatakan saat ini penjualan C car mencapai rata-rata 500 unit per bulan. Adapun kontribusi terhadap total penjualan mobil mengalami penurunan dari 1,5% tahun lalu menjadi 0,8% tahun ini.

Walau pasar kontribusi C car terhadap industri mobil mengalami penurunan, namun Donald yakin ke depan C car akan menjadi tren. Hal ini bisa dilihat dari dua kelas mirip C car yang bak kacang goreng, yakni city car dan hatchback. Demi mencapai target tersebut, FMI menawarkan New Focus dalam mesin bensin dan diesel.

FMI mengimpor New Focus secara completely built up (CBU) dari Filipina. Menurut Donald, dua varian New Focus yang dipasarkan di Indonesia merupakan yang laku keras dibandingkan dengan tiga varian New Focus lainnya. Mobil ini dijual dengan garansi perbaikan dan layanan selama tiga tahun atau 100.000 kilometer (km).

Davy Tuilan, Direktur Pemasaran FMI menambahkan, tahun ini perusahaan menargetkan penjualan mencapai 8.000 unit, tumbuh 19,4% dari penjualan 2009 yang sebesar 6.700 unit. Kontributor terbesar masih berasal dari Ford Ranger yang ditargetkan mencapai 5.500 unit. Selanjutnya, Ford Everest ditargetkan mencapai 1.200 unit.

City car Ford Fiesta yang meluncur pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Juli silam berhasil menuai perhatian pasar. Dalam waktu tiga bulan, surat pemesanan kendaraan (SPK) Ford Fiesta sudah mencapai 1.100 unit. Dari pesanan tersebut, FMI baru bisa mengirimkan 200 unit Fiesta.

"Fiesta ini produk baru, kami tidak menyangka permintaannya akan membludak, kami harap konsumen sabar. Bagi yang memesan sekarang terpaksa harus menunggu inden hingga Desember atau Januari," terang Davy. FMI menargetkan tahun ini Fiesta bisa menguasai pangsa pasar 10% dari pasar city car.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×