kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -18,50   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Forum Ekselen BUMN siap gelar BPEA tahun 2021


Selasa, 21 September 2021 / 16:13 WIB
Forum Ekselen BUMN siap gelar BPEA tahun 2021
ILUSTRASI. Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Forum Ekselen BUMN (FEB) siap menggelar BUMN Performance Excellence Award atau BPEA Tahun 2021 dalam rangka mengapresiasi BUMN-BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing.

"Sebagai kelanjutan dari setiap proses asesmen, Forum Ekselen BUMN (FEB) menggelar BPEA (Business Performance Excellence Award), yang merupakan ajang penghargaan kepada BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu," ujar Ketua Umum FEB Agung Yunanto dalam keterangannya, Selasa (21/9).

Menurut Agung, sampai dengan saat ini FEB dengan pembinaan dari Kementerian BUMN, telah melaksanakan BPEA pada tahun 2017 dan 2019. Tahun 2017, merupakan BPEA pertama dan berbeda dengan penghargaan lainnya.

Penghargaan BPEA adalah berupa pemberian Piagam Penghargaan atas Pencapaian Excellence Level Perusahaan, yaitu tingkat kinerja ekselen yang dicapai perusahaan sesuai hasil asesmen yang dilakukan dengan mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (disebut KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2012.

Baca Juga: PTPN XII operasikan pabrik Nusakita untuk dukung swasembada gula

Pada Tahun 2020, Kementerian BUMN melaksanakan program “Mandatory Focus Group Discussion“ terkait kapabilitas Teknologi BUMN dengan merujuk pada Kriteria Penilaian Teknologi Unggul (KPTU) dengan melibatkan FEB sebagai mitra strategis Kementerian BUMN.

KPTU merepresentasikan dari salah satu 5 Prioritas Kementerian BUMN yaitu “Technology Leadership”. FGD tersebut diikuti oleh 16 BUMN dengan tujuan untuk mengetahui “Maturity Level” dalam penggunaan teknologi di suatu BUMN.

FGD menghasilkan positioning BUMN pada level “leading”, “mature” dan “developing”. Level ini mencerminkan tingkat efisiensi dan efektivitas dalam mendukung pencapaian kinerja Ekselen Perusahaan.

"Awarding BPEA ini juga diperuntukkan bagi 14 BUMN yang telah mengikuti proses self assessment KPKU 2020. Selain sebagai ajang apresiasi, BPEA juga kami rancang sebagai ajang pembelajaran dalam mengelola kinerja ekselen melalui sharing on Excellence dari pimpinan BUMN," kata Ketua Umum FEB tersebut.

Adapun kategori-kategori penghargaan yang akan diberikan dalam BPEA 2021, antara lain The Best Resilience Company, The Best Business Excellence Achievement 2021, Business Excellence Achievement Award, The Best in Digital Transformation Responsiveness 2021, dan The Best in Substitution Energy Technology 2021.

Dalam perhelatan BPEA Tahun 2021 itu, FEB juga akan menggelar Seminar “Pengelolaan Kinerja BUMN untuk Kesinambungan Usaha yang Sehat dan Kompetitif” dengan menghadirkan sejumlah pembicara dari direksi-direksi BUMN seperti PT Bio Farma, PT Telkom dan PT Bukit Asam serta kalangan akademisi.




TERBARU

[X]
×