kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Freeport bangun Venue olahraga terbesar di Mimika US$ 33 Juta untuk PON ke XX


Senin, 29 Juli 2019 / 10:32 WIB

Freeport bangun Venue olahraga terbesar di Mimika US$ 33 Juta untuk PON ke XX

KONTAN.CO.ID -MIMIKA. Pada tahun depan, Papua akan menyambut tamu-tamu olaharagawan dari seluruh Indonesia. Pasalnya pada tahun 2020, Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX.

Jayapura dan Mimika ditunjuk sebagai dua kota yang menjadi tuan rumah. Untuk persiapan tersebut, Kabupaten Mimika sudah mempersiapkan diri membangun Mimika Sport Complex (MSC). Sejauh ini, Mimika ditunjuk untuk menghelat cabang atletik dan basket.

Baca Juga: PON 2020, Papua butuh 6.000 kamar hotel

Malik A Lukito, External Affairs Manager MSC menjelaskan pembangunan venue olahraga tersebut seluruhnya menggunakan dana CSR PT Freeport Indonesia. MSC berdiri diatas lahan seluas 12,5 hektare dan masih ada 12,5 hektare lagi yang bisa dikembangkan.

"Dana pembangunan sekitar US$ 33 juta, mulai groundbreaking pada September 2013 dan selesai tahun 2016," ujarnya di Mimika, Senin (29/7).

Sport Complex tersebut terdiri dari venue indoor dan outdoor. Venue outdoor bisa menggelar pertandingan basket, badminton, voli, mixed martial art, tinju, judo dan karate. Sedangkan venue outdoor bisa menggelar pertandingan atletik.

Kontraktor pengerjaan proyek ini dilakukan oleh kontraktor BUMN yakni PTPP dengan sebagian besar material lokal. Hanya lintasan lari atletik yang diimpor dari Jerman dan rumput yang diimpor dari Swiss.

Baca Juga: Segera sediakan pasokan listrik bagi PON di Papua

Kendati belum diresmikan, namun sport complex ini telah menggelar test event untuk menguji kesiapan. Akhir tahun lalu MSC menggelar turnamen tinju, sedangkan pada awal tahun ini menggelar turnamen basket.

MSC juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung bagi atlet dan official dengan kapasitas cukup besar. Yang jelas, manajemen MSC menyatakan sudah siap menggelar ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia tersebut.

"Asrama kami kapasitasnya 150 atlet putra dan 50 atlet putri. Fasilitas asrama sudah ada air panas, AC, Wifi dan kantin untuk makan. Juga ada ruang pertemuan dan amphi theater," tutupnya.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

×