kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gaikindo Bakal Hadirkan Jakarta Auto Week (JAW) 2023 dengan Konsep Baru


Selasa, 04 Oktober 2022 / 10:02 WIB
Gaikindo Bakal Hadirkan Jakarta Auto Week (JAW) 2023 dengan Konsep Baru


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri otomotif Indonesia terus bertumbuh. Ini terlihat dari penjualan wholesales Januari-Agustus 2022 yang tercatat naik 21,1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk terus mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia hingga dapat kembali mencapai angka penjualan lebih dari satu juta unit seperti sebelum masa pandemi, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bersama dukungan Kementerian Perindustrian terus mengupayakan faktor pendorong yang akan menciptakan penjualan secara masif, yakni dengan kembali menyelenggarakan pameran Jakarta Auto Week (JAW).

JAW sejak awal diprakarsai Gaikindo dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian yang mana penyelenggaraan perdananya pada tahun 2022 berhasil mencatatkan hasil positif dan menjadi dorongan bagi pencapaian industri otomotif.

Berdasarkan hal tersebut, Gaikindo akan kembali menyelenggarakan pameran JAW. JAW 2023 yang akan berlangsung pada 11-19 Maret 2023 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menyampaikan, penyelenggaraan pameran otomotif adalah untuk mendorong industri terus maju dan menarik para investor.

Baca Juga: Gaikindo: Kendaraan Listrik Akan Jadi Kendaraan Masa Depan Indonesia

“Saat ini posisi industri otomotif dalam negeri terus menguat dan pelaksanaan JAW menjadi sangat penting untuk terus mendorong industri otomotif dan menciptakan market yang besar di Indonesia. Dengan demikian, ini akan menarik para investor untuk melahirkan kendaraan model baru di Indonesia untuk memenuhi market tersebut,” ungkap Nangoi dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (4/10).

Ia juga menjelaskan bahwa dengan semakin banyak tipe dan variasi kendaraan yang dilahirkan di Indonesia, hal ini juga akan membuka kesempatan lebih lebar untuk meningkatkan ekspor industri otomotif Indonesia.

Mengingat pentingnya persiapan untuk penyelenggaraan JAW 2023, pada Selasa, 27 September 2022 lalu, Gaikindo telah melakukan launching untuk para peserta yang bertempat di Kementerian Perindustrian.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier sekaligus dihadiri oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Hendro Martono, Gaikindo, serta merek-merek anggota Gaikindo yakni Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier menyatakan apresiasi-nya bahwa industri otomotif Indonesia tetap tumbuh tinggi pada semester II-2022. Pada kuartal II-2022, perekonomian Indonesia menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 5,44% secara tahunan.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh sektor industri pengolahan non migas yang mengalami pertumbuhan sebesar 4,33% secara tahunan dan untuk sektor industri alat angkut mengalami pertumbuhan sebesar 7,35% (yoy), di mana Industri otomotif menjadi kontributor utama terhadap sektor industri alat angkutan.

Pada kesempatan yang sama, Taufiek juga menekankan pentingnya penyelenggaraan pameran untuk terus mendorong faktor produktivitas dan memberikan edukasi bagi masyarakat luas.

“Penyelenggaraan JAW 2023 diharapkan dapat menjadi katalis pengungkit dari faktor produktivitas dalam peningkatan nilai tambah sektor industri. Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan semakin banyak masyarakat mengenal perkembangan industri otomotif,” jelas dia.

Baca Juga: Tahun 2025, Gaikindo Targetkan Ekspor 1 Juta Mobil CBU

Taufiek juga menekankan harapannya agar pada tahun 2023 industri otomotif Indonesia dapat terus menjadi pahlawan devisa bagi negara.

Sebagai informasi, JAW 2023 akan mengusung konsep baru yang akan menjadi magnet penyelenggaraannya dengan memadukan produk terbaru dari industri otomotif dengan konsep lifestyle.

Dengan mengangkat konsep Automotive X Lifestyle, JAW 2023 akan mengangkat dan menampilkan variasi produk dan jasa otomotif yang dipadukan dengan penampilan produk otomotif lifestyle dan juga mengemas atmosfer festival dengan sentuhan entertainment di sepanjang penyelenggaraannya.

“JAW di konsepkan untuk memperkuat capaian penjualan industri otomotif Indonesia. Untuk itu pada penyelenggaraannya di tahun depan, JAW 2023 akan mengembangkan identitas baru, tidak hanya akan menampilkan produk terbaru dengan penawaran dan promosi terbaik dari industri otomotif Indonesia, melainkan juga akan memadukannya dengan perkembangan tren lifestyle masyarakat. Harapannya tentu agar masyarakat akan mendapatkan lebih banyak informasi selama mengikuti JAW 2023,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Berbagai program juga akan hadir sepanjang JAW 2023. Selain test drive dan test ride, juga akan hadir Modification Contest, Community Gathering, JAW Talks, Live Music, Fashion Show, serta Automotive Art Installation untuk menarik dan menghibur seluruh masyarakat pecinta otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×