Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai penjualan mobil nasional masih bisa tumbuh signifikan sampai akhir tahun nanti.
Data Gaikindo menunjukkan, penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional telah mencapai 758.216 unit hingga kuartal III-2022. Khusus di bulan September 2022, penjualan wholesales mobil nasional menyentuh angka 99.986 unit, lebih tinggi dari bulan Agustus lalu sebanyak 96.956 unit.
Toyota masih menempati posisi pertama sebagai pabrikan dengan penjualan wholesales terbesar selama Januari-September 2022 yakni sebanyak 243.080 unit. Kemudian disusul oleh Daihatsu sebanyak 140.398 unit, Honda sebanyak 96.985 unit, Mitsubishi Motors sebanyak 75.075 unit, dan Suzuki sebanyak 64.595 unit.
Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto optimistis dengan prospek pasar otomotif Indonesia di sisa tahun ini, meski periode insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor telah usai akhir kuartal ketiga lalu.
Baca Juga: Toyota dan Daihatsu Masih Kuasai Pasar Penjualan Mobil Per September 2022
“Melihat perkembangan penjualan sampai September 2022, maka diharapkan penjualan tahun 2022 bisa mencapai 950.000 unit,” ujar dia, Jumat (14/10).
Harapan tersebut tampak melebihi proyeksi awal penjualan mobil nasional di tahun 2022 yang diusung Gaikindo sebelumnya yakni sebesar 900.000 unit.
Sementara itu, menghadapi sisa tahun 2022, Grup Astra yang menaungi beberapa merek mobil seperti Toyota, Lexus, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot, berharap pasar otomotif Indonesia tetap dalam kondisi yang stabil, sehingga membantu pencapaian penjualan mobil Grup Astra yang lebih baik ketimbang tahun lalu.
Dalam catatan Kontan, penjualan mobil Grup Astra tercatat sebanyak 413.464 unit di periode Januari-September 2022 atau tumbuh 20,25% year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 343.837 unit.
“Menghadapi kompetisi, Grup otomotif Astra akan terus fokus menawarkan berbagai pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang beragam serta fokus pada pelayanan bagi kemudahan pelanggan,” ungkap Tira Ardianti, Head of Investor Relations Astra International (ASII), hari ini (14/10).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News