kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.173
  • SUN95,28 0,51%
  • EMAS663.000 0,30%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Gandeng Bekraf, Makerfest 2018 gelar ajang pencarian start up lokal

Selasa, 18 Desember 2018 / 09:41 WIB

Gandeng Bekraf, Makerfest 2018 gelar ajang pencarian start up lokal


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bersaing di antara 1.500 pendaftar lainnya di Makerfest 2018, tiga pemenang akan mendapatkan modal usaha dan fasilitas pameran berskala internasional.

Adapun Omo! Healthy Snack yang merupakan usaha asal Yogyakarta mendapatkan juara pertama. Kemudian untuk juara kedua dan ketiga diraih Kandura  dari Jakarta, dan The Able Art dari Surabaya dalam MakerFest 2018, ajang pencarian kreator lokal berbakat yang diinisiasi Tokopedia dan beberapa instansi pemerintah.

Dengan capaiannya, para juara tersebut berhak mendapatkan modal bisnis. Untuk juara pertama sebesar Rp 1 miliar dan juara kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan Rp 300 juta dan Rp 200 juta. 

Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan alat pemasaran terintegrasi, salah satunya adalah kesempatan mendapatkan panggung online maupun offline melalui pameran kreasi lokal berskala nasional hingga internasional.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia sekaligus Chairman MakerFest 2018 menyebutkan bahwa MakerFest 2018 merupakan gerakan pemberdayaan kreator lokal yang diinisiasi oleh Tokopedia bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Perdagangan.

“Gerakan ini menandai komitmen kami agar semakin banyak lahir brand-brand di masa depan Indonesia,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Senin (17/12).

Sepanjang ajang ini telah digelar roadshow di delapan kota yaitu Medan, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung, dan Denpasar. Dari delapan kota tersebut, dipilih masing-masing tiga kreator terbaik untuk melanjutkan kompetisi di Jakarta.

Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan menambahkan bahwa program MAKERFEST sejalan dengan program Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan daya saing produk lokal, khususnya di era perdagangan bebas ini.

"Ini juga sejalan dengan visi kami untuk memberdayakan UMKM, dengan dukungan dari platform digital seperti Tokopedia kami berharap dapat mendorong UMKM Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," pungkasnya.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0494 || diagnostic_web = 0.3572

Close [X]
×