kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garap Bisnis Konten Kreator, MahakaX Targetkan Pertumbuhan Pendapatan di 2023


Senin, 06 Maret 2023 / 10:47 WIB
Garap Bisnis Konten Kreator, MahakaX Targetkan Pertumbuhan Pendapatan di 2023
ILUSTRASI. Content Creator, Youtuber.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  MahakaX menggarap bisnis baru, yakni bisnis konten kreator. Konten kreator menjadi tren pesat dalam industri media dan hiburan digital saat ini.

MahakaX telah menyiapkan dua strategi utama, yakni menyediakan Creative Intelectual Property (IPs) dan solusi finansial.  Farash Farich, CEO MahakaX menyebutkan, dunia konten kreator sudah sangat booming bahkan sebelum MahakaX terjun di dalamnya.

Banyak brand yang menjalin kerjasama dengan para kreator. Terlebuh, audiens kini lebih suka berkecimpung dalam media digital daripada media konvensional.

Baca Juga: Fitur Musik Instagram Tidak Muncul di iPhone, Begini Cara Mengatasinya

“Berdasarkan beberapa studi terkait mengenai industri content creator, lima tahun ke depan akan tumbuh lima kali lipat. Secara angka bisa bernilai hingga Rp 7 triliun," ujar Farash, dalam keterangan tertulis, Minggu (6/3).

MahakaX mengajak kreator mulai mendaftakan ide, brand ataupun produk mereka ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Setelah terdaftar, MahakaX bersama dengan kreator akan menggodok ide besar tersebut menjadi beberapa bentuk turunan konten.

Mulai dari konten online seperti membuat web series  atau semacamnya hingga offline seperti mengadakan event experience activation. Sehingga kreator dapat memaksimalkan seluruh platform digital yang tersedia untuk mengembangkan kreativitasnya. 

Baca Juga: Aplikasi Konten Video Vlog Informatif Berbasis Komunitas Ituloh Resmi Meluncur

MahakaX akan menyediakan modal kerja untuk kreator. Sehingga mereka tidak perlu risau untuk urusan pembiayaan saat produksi. Solusi finansial ini lebih kepada advisor kepada kreator, selain memberikan bantuan berupa pembenahan laporan keuangan ataupun sisi akuntansi lain. 

“Tahun ini kami menetapkan target revenue growth yang tinggi sebab produknya telah tersedia. Kita harapkan bisa mencapai 50% untuk top-line pada tahun 2023.” imbuh Farash.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×