kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,98   13,67   1.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda Indonesia gandeng klub sepakbola Liverpool


Kamis, 12 Juli 2012 / 08:09 WIB
Garuda Indonesia gandeng klub sepakbola Liverpool
ILUSTRASI. Antrean nasabah untuk bertransaksi di Kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Cabang Harmoni, Jakarta, Rabu (16/6/2021).


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Sebentar lagi, brand maskapai Garuda Indonesia bakal muncul di setiap perhelatan sepakbola yang digelar di Stadion Anfield milik Liverpool, Inggris. Maklum, PT Garuda Indonesia Tbk baru saja menjalin kerjasama dengan klub sepakbola Liverpool dan The Athletic Grounds Limited.

Manajemen Garuda Indonesia dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dirilis Rabu (11/7) menyebutkan, mereka telah meneken perjanjian kerjasama (partnership agreement) pada 9 Juli 2012.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Garuda diberi hak untuk menjadi official partner bagi The Liverpool dan official untuk Global Airline Partner of Liverpool Football Club. Sebagai catatan, Global Airline adalah partner klub sepakbola kenamaan asal Inggris tersebut. "Garuda Indonesia akan diberikan ruang untuk tampil di Light Emitting Diode (LED) televisi yang ada di Anfield stadion Liverpool, Inggris", kata Elisa Lumbantoruan, Sales and Marketing Director PT Garuda Indonesia Tbk, Rabu (11/7).

Nantinya, iklan Garuda Indonesia yang tayang di Anfield berdurasi 6 menit. Iklan tersebut akan ditayangkan selama satu musim pertandingan liga Inggris atau sebanyak 32 kali pertandingan pada tahun ini, yakni pada 19 Agustus 2012, tepat saat pertandingan pertama liga Inggris. Menurut Elisa, Garuda memilih bekerjasama dengan Liverpool karena faktor frekuensi pertandingan yang tinggi di stadion milik klub tersebut.

Dia mengakui, sebelum menjalin kerjasama dengan Liverpool, memang ada beberapa klub sepakbola yang berlaga di Liga Inggris yang menawarkan kerjasama dengan Garuda. Namun demikian Elisa menolak mengungkapkan nama-nama tim tersebut. Garuda berharap, kerjasama tersebut dapat memperluas pangsa pasar dan memperkenalkan maskapai Garuda Indonesia kepada kalangan internasional. "Kami ingin mencapai target perseroan untuk menjadi big global company," ungkap Elisa.

Tak hanya itu, menurutnya, dengan kerjasama tersebut, Garuda dapat memangkas biaya iklan perusahaan. Pasalnya, biaya beriklan di Anfield jauh lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan sendiri di televisi yang menjangkau publik di seluruh dunia.

"Harga beriklan di Anfield sekitar 1/50 dari harga iklan normal", jelas Elisa. Anfield adalah stadion milik Liverpool. Stadion ini diresmikan pada 1884 silam. Stadion tersebut mampu menampung penonton hingga sebanyak 45.276 orang. Anfield Road, Liverpool, Merseyside merupakan markas besar klub yang dijuluki The Reds ini.

Sebagai catatan, maskapai pelat merah ini menyiapkan belanja modal sebesar US$ 450 juta atau setara Rp 4,1 triliun untuk tahun ini. Jumlah belanja modal tersebut naik sekitar 31% dari belanja di tahun lalu. Kinerja Garuda juga mulai membaik di awal 2012 ini. Pada kuartal I 2012 ini, Garuda berhasil membukukan laba bersih sebesar US$ 4,9 juta atau Rp 45,3 miliar.

Pada 2011 lalu, perusahaan berkode saham GIAA ini sempat mencatatkan kerugian sebesar US$ 19,34 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×