kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,31   6,47   0.72%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Garuda Indonesia Siapkan Pesawat Pengganti GA-6239 Guna Layani Pemulangan Jemaah Haji


Rabu, 03 Juli 2024 / 07:50 WIB
Garuda Indonesia Siapkan Pesawat Pengganti GA-6239 Guna Layani Pemulangan Jemaah Haji
ILUSTRASI. Garuda Indonesia memastikan kesiapan pesawat pengganti usai peristiwa Return to Base (RTB) pada penerbangan rute Solo - Jeddah menggunakan pesawat Airbus 330-300.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan kesiapan pesawat pengganti imbas peristiwa Return to Base (RTB) pada  penerbangan GA-6239 dengan rute penerbangan Solo - Jeddah menggunakan pesawat Airbus 330-300. 

"Pesawat tersebut sedianya dipersiapkan untuk melayani penerbangan dari Jeddah pada fase pemulangan jemaah haji Indonesia menuju Tanah Air," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan resminya, Rabu (3/7).

Adapun penyebab RTB tersebut karena adanya masalah teknis  pada salah satu engine pesawat sehingga diharuskan dilakukan pengecekan kembali dan tindak lanjut prosedur perawatan armada.

Penerbangan GA-6239 tersebut berangkat dari Solo setelah menjalani prosedur inspeksi pesawat rutin oleh pihak lessor maupun tim terkait.

Sesaat setelah pesawat lepas landas, Pilot in Command (PIC) menemukan adanya indikator cockpit yang menunjukkan kondisi salah satu engine pesawat yang memerlukan pengecekan lebih lanjut. Sehingga PIC selanjutnya secara cepat memutuskan untuk melakukan prosedur RTB ke Solo. 

Baca Juga: Fase Kepulangan Dimulai, Garuda Indonesia Layani 3.300 Jemaah Kembali ke Tanah Air

Pesawat dengan nomor registrasi T7-MMM yang mengangkut 14 awak pesawat yang terdiri dari 3 cockpit crew dan 11 awak kabin  tersebut telah kembali ke Bandara Adi Sumarmo, Solo pada pukul 21.07 waktu setempat. Adapun awak pesawat melakukan proses disembark sesuai dengan ketentuan prosedur safety yang berlaku.

"Garuda Indonesia juga telah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan pesawat termasuk prosedur penarikan pesawat menuju parking stand guna memastikan tidak ada dampak operasional atas peristiwa RTB tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut, saat ini Garuda Indonesia juga telah melakukan optimalisasi mitigasi pesawat pengganti guna melayani operasional penerbangan haji pada fase pemulangan dari Jeddah tersebut. 

"Kami tentunya memastikan bahwa kesiapan pesawat pengganti telah melalui serangkaian prosedur inspeksi kelaikan armada secara menyeluruh sebelum  diterbangkan kembali menuju Jeddah pada dini hari, Rabu (3/7) sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa mengedepankan aspek safety pada seluruh layanan penerbangan," pungksnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×