Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Lebaran memang menjadi momentum bagi para perusahaan. Salah satunya PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban itu menargetkan kenaikan pendapatan 20% - 25% saat momen lebaran tiba.
General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo mengatakan, memang penjualan akan naik saat menjelang lebaran. "Biasanya kenaikan baru terlihat saat dua minggu sebelum lebaran," ucapnya kepada KONTAN, Minggu (22/6).
Ia begitu yakin, jika perusahaannya dapat mencapai target tersebut. Terlebih, tahun ini Gajah Tunggal gencar mengadakan promosi penjualan menjelang lebaran. "Kita mempunyai promo yang dimana konsumen akan mendapatkan asuransi keselamatan saat membeli produk kami," jelas Arijanto.
Dengan begitu pula, ia pun optimis penjualan Gajah Tunggal hingga akhir tahun mengalami pertumbuhan sampai 25%. Jika melihat laporan keuangan perusahaan pada tahun lalu, emiten berkode saham GJTL ini mengantongi pendapatan sebesar Rp 12,35 miliar. Itu berarti, Gajah Tunggal menargetkan pendapatan Rp 15,44 miliar tahun ini. Jika divolumekan, Arijanto mengatakan tahun ini perusahaannya menargetkan penjualan ban sebanyak 320.000 piece.
Untuk mencapai target tersebut, Gajah Tunggal akan menguatkan pasar dengan membangun 12 ritel. Saat ini, Gajah Tunggal telah mempunyai 90 ritel yang tersebar di seluruh Indonesia. "Kita menargetkan 102 ritel sampai akhir tahun," kata Arijanto.
Untuk membangun satu ritelnya, perusahaan berinventasi sekitar Rp 400 juta hingga Rp 600 juta yang diambil dari dana Capital Expendecture (capex). Sayang, Arjanto tak mengatakan berapa capex perusahaannya tahun ini.
Hingga kuartal I tahun ini saja, Gajah Tunggal sudah menunjukan pertumbuhan pendapatan sebesar 5,33% menjadi Rp 3,19 miliar. Sedangkan tahun lalu di periode yang sama pendapatan perusahaan ini hanya Rp 3,03 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News