kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Go-Jek berkontribusi Rp 187 miliar perekonomian Kota Bandung


Jumat, 28 Desember 2018 / 20:34 WIB
Go-Jek berkontribusi Rp 187 miliar perekonomian Kota Bandung
ILUSTRASI. Helm mitra pengemudi Go-Jek

Berita Terkait

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merujuk riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) pada tahun 2017, Go-Jek telah berkontribusi sebesar Rp 187 miliar per tahun untuk perekonomian Kota Bandung melalui penghasilan mitra pengemudi dan mitra UMKM.

Dalam riset yang sama, Go-Jek juga disebut mengurangi tekanan pengangguran Kota Bandung dengan memperluas kesempatan kerja pada pekerja informal.


Go-Jek berusaha meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Bandung, khususnya mitra pengemudi beserta keluarga melalui peningkatan penghasilan.

Hal tersebut dapat terlihat dari penghasilan mitra pengemudi Go-Jek Kota Bandung meningkat 19% setelah bergabung, dan 80% mitra pengemudi Kota Bandung yang merasa kualitas hidupnya jauh lebih baik setelah bergabung dengan Go-Jek.

Sebanyak 58,9% mitra UMKM di Kota Bandung tidak melayani pengiriman barang sebelum menjadi mitra Go-Jek. Dengan dukungan teknologi yang berada ekosistem Go-Jek, 84% dari jumlah mitra UMKM Go-Jek Kota Bandung berhasil go-online sehingga dapat meningkatkan volume transaksi dan meningkatkan aset usaha.

“Go-Jek percaya bahwa pemanfaatan teknologi merupakan cara yang paling tepat untuk memecahkan masalah ketimpangan ekonomi. Di sini kami gunakan teknologi untuk menyertakan kesempatan berusaha karena hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh UMKM untuk mereka naik kelas.” ujar Becquini Akbar, Strategic Region Head Jawa Barat & Banten Go-Jek dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Jumat (28/12)

Lanjutnya, ia menuturkan pencapaian tersebut tak lepas dari peran pemerintah yang memberi dukungan. Karenanya, perusahaan mencoba mempererat silahturahmi melalui santunan kepada 100 anak yatim di Bandung.

“Pencapaian ini tentunya tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Kegiatan Silaturrahim dan santunan ini pun juga merupakan bentuk apresiasi Go-Jek terhadap dukungan yang terus diberikan oleh Pemerintah Kota Bandung, dan masyarakat kepada perusahaan sehingga dapat terus memberikan dampak positif kepada masyarakat,” pungkasnya.




TERBARU

Close [X]
×