kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Halodoc sediakan layanan swab test di rumah


Rabu, 30 September 2020 / 16:23 WIB
Halodoc sediakan layanan swab test di rumah
ILUSTRASI. Aplikasi kesehatan Halodoc


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebutuhan akan swab test atau polymerase chain reaction (PCR) belakangan ini tengah meningkat di masyarakat. Bagaimana tidak, sebab salah satu syarat bisa bepergian di masa pandemi adalah dengan surat bebas Covid-19 yang dibuktikan melalui surat keterangan rapid test atau PCR negatif.

Halodoc yang merupakan startup telekonsultasi kesehatan kini menghadirkan Layanan Test COVID-19 Home Care pemeriksaan SWAB Test virus covid-19 di rumah konsumen yang merupakan salah satu layanan yang baru diperkenalkan pada pertengahan bulan September ini.

"Hingga kini, kami melihat respon yang positif dari pengguna, meskipun masih lebih banyak pengguna yang memanfaatkan layanan-layanan Halodoc yang sebelumnya lebih dulu diperkenalkan, seperti drive thru, korporat, dan tes langsung di mitra fasilitas kesehatan Halodoc," ujar Felicia Kawilarang, VP Marketing Halodoc kepada kontan.co.id, Selasa (30/9).

Baca Juga: Ibadah umrah boleh dilakukan dua kali, tapi jamaah harus menunggu 14 hari

Felicia menyampaikan bahwa yang sangat penting bagi Halodoc saat ini adalah bagaimana pihaknya dapat terus memegang teguh misinya dalam menyederhanakan akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terlebih dalam situasi pandemi seperti sekarang.

"Layanan Home Care ini kami luncurkan berdasarkan observasi kami atas para pengguna yang memiliki tantangan untuk datang ke tempat tes, mungkin karena ada orang lanjut usia atau balita yang tinggal serumah sehingga cukup berisiko jika pergi keluar. Karenanya, kami mendesain layanan ini agar dapat menjadi solusi atas masalah tersebut," jelasnya.

Ia memerinci, rentang harga untuk layanan Home Care pemeriksaan SWAB Test cukup beragam, mulai dari Rp 99.000 untuk rapid test dan Rp 1.600.000 untuk tes PCR. Menurutnya, tergantung jumlah peserta tes di satu lokasi. Hasilnya akan didapat pada hari yang sama untuk layanan rapid test dan satu hari setelah sampel diambil oleh petugas kesehatan untuk layanan Tes PCR.

Hasil tes akan dikirimkan langsung secara digital melalui aplikasi Halodoc milik pengguna sehingga dapat meminimalisir kontak dengan orang lain di luar rumah. Untuk pemesanan Layanan Home Care, pengguna dapat menghubungi nomor WhatsApp 0821 1252 4686. Saat ini, layanan tersedia bagi pengguna di wilayah Jakarta.

Baca Juga: ASI bisa cegah infeksi Virus Corona pada bayi, ini penjelasan ilmiahnya

Ia mengungkapkan, selama pandemi covid-19 terjadi pertumbuhan yang cukup signifikan yang membantu mendongkrak performa bisnis di tahun ini. Transaksi konsultasi dokter berbayar meningkat hingga 6x dan lebih dari 250% pertumbuhan dari sisi transaksi di layanan Toko Kesehatan Halodoc, yang mana produk nomor satu yang dipesan adalah kategori vitamin atau suplemen kesehatan.

"Dengan perubahan perilaku masyarakat terkait layanan kesehatan di periode pandemi ini, kami optimis bahwa sektor telemedisin akan terus mendapatkan momentum positif bahkan setelah pandemi berlalu. Hal ini tentu saja juga dapat turut mengatasi tantangan terkait disparitas layanan kesehatan di tanah air yang saat ini kita hadapi," pungkas Felicia.

Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, Rabu (30/9): 287.008 kasus, 214.947 sembuh, 10.740 meninggal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×