kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Rumah Kembali Normal Cenderung Meningkat Tahun 2022


Kamis, 30 Desember 2021 / 08:11 WIB
Harga Rumah Kembali Normal Cenderung Meningkat Tahun 2022
ILUSTRASI. Penjualan Rumah: Penjualan rumah di sebuah pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sempat terpuruk dalam dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19, harga properti tahun 2022 mendatang diprediksi akan kembali normal dan mengalami peningkatan pada setiap kuartal.

Hal tersebut merupakan hasil analisis dari Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) seperti yang diberitakan dalam rilis kepada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, tren harga properti bisa berangsur normal bahkan meningkat pada setiap kuartal 2022 bila memenuhi beberapa syarat.

“Harga properti bisa kembali normal bahkan meningkat dengan catatan bahwa Pemerintah mampu menjaga situasi ekonomi tetap kondusif," jelas Marine.

Selain itu, pemerintah juga harus melanjutkan kebijakan terkait properti dan ekonomi seperti restrukturisasi kredit, relaksasi LTV, dan terutama penurunan suku bunga.

Seperti diketahui, pemerintah terus mendorong industri properti di tanah air dengan serangkaian kebijakan dan stimulus.

Baca Juga: Memilih Penyejuk Ruang Tepat Untuk Tren Hunian Perkotaan

Saat ini Pemerintah masih mengkaji rencana perpanjangan insentif kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk sektor properti tahun 2022 mendatang.

Sebelumnya Pemerintah juga telah melakukan perpanjangan kebijakan uang muka alias down payment (DP) nol persen yang diteruskan sampai dengan Desember 2022.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Desember 2021, tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50 persen.

Marine menegaskan, di tengah pandemi Covid-19, sektor properti telah berhasil menunjukkan kinerjanya yang terbaik terutama dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Pada saat banyak sektor usaha gulung tikar, sektor properti mampu bertahan dan tetap mencatatkan pertumbuhan positif.

Harga yang berangsur normal ini tentu menjadi kabar baik kepada para pengembang karena bisa mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tahun 2022, Harga Rumah Kembali Normal Cenderung Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×