kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga TBS Turun, PSN Dorong Pemberdayaan Ekonomi Petani Sawit


Rabu, 20 Juli 2022 / 17:56 WIB
Harga TBS Turun, PSN Dorong Pemberdayaan Ekonomi Petani Sawit
ILUSTRASI. Perkumpulan Petani Sawit Nusantara (PSN)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka mempersatukan seluruh kelompok usaha petani kelapa sawit yang berbadan hukum dan masyarakat petani, Perkumpulan Petani Sawit Nusantara (PSN) mendeklarasikan diri pada 17 Juli 2022. Sejatinya PSN sudah berbadan hukum sejak 15 Juli 2020, namun deklarasi ditunda karena pandemi.

PSN bercita-cita menjadi kelompok usaha tani yang dapat mendorong kesejahteraan petani kelapa sawit di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan membangun ekonomi kerakyatan di pedesaan dengan menumbuhkembangkan usaha petani kelapa sawit yang berwawasan lingkungan. 

Ketua Umum PSN Hendry Halim mengatakan, organisasi ini akan berbuat nyata untuk petani kelapa sawit. Ia menegaskan bahwa PSN akan bergerak lebih banyak pada unsur ekonomi untuk pemberdayaan.

Saat ini harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit sudah di bawah Rp 1.000 per kg di bawah nilai keekonomiannya. Ia bilang petani kelapa sawit baru bisa bertahan pada harga Rp 1500 - Rp 1700 per kg. 

"Untuk itu, PSN akan memberdayakan petani sawit sehingga punya nilai tawar sendiri; harga stabil;  posisi dalam rantai pasok, jaringan dan jaminan pasar jelas. Petani menjadi subjek dan bukan objek," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (20/7).

Baca Juga: Pungutan Ekspor CPO Sementara Dihapus, Ekspor CPO Kembali Meningkat

Saat ini ada program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), tetapi di lapangan petani banyak yang ketakutan karena diperiksa kejaksaan dan kepolisian. Ia Kondisi ini merata hampir di seluruh provinsi. 

"Membangun kebun tidak cukup kalau mengandalkan dana BPDPKS, perlu ada lanjutan. PSN akan masuk di sini dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada," janjinya.

Ia menjelaskan, dalam PSR batang sawit hanya ditumbang chipping saja. Padahal potensi ekonomi batang sawit ini sangat besar sekali. Karena itu PSN melibatkan mitra utama  dari Jepang yaitu Shin Imai yang merupakan mantan representative FAO dengan memanfaatkan batang sawit sebagai sumber energi biomassa, pupuk  dan pakan ternak. 

“Pada tahap awal kita bangun dua pabrik di Kalbar dan Bangka Belitung dengan teknologi terkini untuk mengolah batang sawit. Kapasitas 5.000 ton/hari yang bisa dipenuhi dari peremajaan seluas 5.000 Ha,” kata Henry. 

Syahril, deklator dari Sumbar menambahkan bahwa fokus PSN pada petani sawit swadaya. Petani ini banyak yang belum terlindungi. Ketika harga hari ini turun petani swadaya besok langsung turun, sedang plasma bulan depan. 

Baca Juga: Penerimaan Ekspor CPO Bisa Susut Rp 9 Triliun

Ketika harga naik petani swadaya yang paling akhir. Ada potensi sawit yang belum dimanfaatkan yaitu batang dari hasil replanting. PSN akan bermitra dengan petani memanfaatkan limbah ini menjadi bernilai ekonomi tinggi sebagai langkah awal. Ke depan petani juga bisa punya PKS dan industri hilir.

Misno Udin Tolinggi, deklarator asal Gorontalo menyatakan PSN masuk ke kegiatan-kegiatan yang belum tersentuh oleh petani. Selama ini petani hanya jadi penjual TBS saja, jadi ketiga harga CPO turun imbasnya harga TBS turun. 

PSN punya program petani jangan hanya jadi penjual TBS saja, ada peluang ekonomi lain dari sawit yang belum tersentuh. Jadi ketika harga CPO dan TBS turun (hal yang biasa bagi petani perkebunan) punya alternatif penghasilan lain. 

PSN tidak akan berjalan sendiri tetapi akan berkerjasama dengan pemerintah, pengusaha, BPDPKS. Pemerintah diharapkan membuat regulasi yang bisa mengangkat ekonomi petani dan lebih melindungi haknya. PSN mendorong industrialisasi sawit rakyat menjadi penghasil produk pangan dan energi yang semakin diperlukan dunia.

Hamid Nasution, deklarator Sumut menyatakan dengan PSN maka petani sawit bisa berjaya dan berkeadilan. Kontribusinya diharapkan membangkitkan petani sawit dengan industrialisasi persawitan rakyat. Ke depan petani sawit semakin merdeka dan berdiri sendiri. Langkah awalnya adalah optimalisasi perkebunan rakyat. 

Baca Juga: Menghitung Dampak Penghapusan Sementara Pungutan Ekspor CPO

Ramsi, deklarator Bangka Belitung menyatakan PSN merupakan organisasi nirlaba, tapi  akan membuat unit-unit bisnis yang nyata di masyarakat petani. Diawali dengan unit bisnis yang mengolah limbah diikuti unit bisnis yang lainnya dengan mengoptimalkan seluruh potensi perkebunan sawit rakyat.

Shin Imai, mitra utama PSN asal Jepang menyatakan Jepang saat sudah mengolah kayu menjadi biomassa untuk energi, pakan dan pupuk.  Kualitas daging sapi dengan pakan asal kayu ini lebih baik daripada pakan konvesional.  Indonesia dengan pemilik luas lahan sawit terbesar dunia dan sekarang sedang punya program peremajaan sawit rakyat bisa mengolah kayu sawit seperti di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×