kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heinz ABC klaim sudah tarik produk makarel kaleng yang diduga mengandung cacing


Jumat, 30 Maret 2018 / 19:35 WIB
Heinz ABC klaim sudah tarik produk makarel kaleng yang diduga mengandung cacing


Reporter: Sofyan Nur Hidayat | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Heinz ABC Indonesia, salah satu produsen ikan makarel dalam kemasan kaleng menyatakan telah menarik produk yang diduga mengandung cacing, seperti rekomendasi yang disampaikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam surat pernyataan tertulisnya Jumat (30/3/2018), manajemen PT Heinz ABC menyatakan, keputusan menarik produk dari pasar sudah mereka sampaikan kepada BPOM pada tanggal 28 Maret 2018 pagi.

"PT Heinz ABC Indonesia telah mengambil langkah proaktif untuk melakukan penarikan produk dari pasar, yang mana keputusan tersebut telah dikomunikasikan kepada BPOM pada tanggal 28 Maret 2018 pagi hari," sebut perusahaan ini dalam statement-nya.

Perusahaan ini berjanji akan melakukan investigasi terhadap permasalahan ini dan memberitahukan lebih lanjut mengenai kapan produk bebas dari kontaminasi dapat kembali dipasarkan.

"PT Heinz ABC Indonesia memahami informasi yang telah dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 28 Maret 2018 terkait dengan produk ikan makarel dalam kemasan kaleng di Indonesia."

"Perusahaan kami selalu menjunjung tinggi integritas dan menempatkan konsumen sebagai yang utama, dimana tindakan melakukan penarikan produk ABC Makarel secara sukarela dari pasar merupakan bukti nyata dari penerapan nilai-nilai tersebut," sebut Heinz ABC Indonesia.

Sebelumnya, Kepala BPOM RI Penny K Lukito memaparkan kepada media terkait temuan cacing parasit dari hasil pengujian dan sampel pada 27 merk ikan kemasan atau sarden makarel yang positif mengandung cacing parasit.

Penny mengatakan, ikan makarel tidak ada dalam perairan di Indonesia sehingga ikan dan bahan baku tersebut diimpor dari negara lain.

"Asal usul bahan baku yang jadi umumnya yang mengandung parasit cacing umumnya adalah ikan makarel dari impor dan kalau produksi dalam negeri adalah dari bahan baku yang diimpor. Karena memang ikan makarel tidak ada dalam perairan Indonesia dan secara natural itu memang mengandung parasit cacing," kata Penny saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (29/3/2018). (Choirul Arifin)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PT Heinz ABC Nyatakan Sudah Tarik Produk Makarel Kaleng yang Diduga Mengandung Cacing 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×