kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Hero Supermarket (HERO) Berusaha Perkuat Bisnis Guardian dan IKEA


Selasa, 17 September 2024 / 11:38 WIB
Hero Supermarket (HERO) Berusaha Perkuat Bisnis Guardian dan IKEA
ILUSTRASI. strategi Hero Supermarket (HERO) genjot kinerja di tahun ini


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hero Supermarket Tbk (HERO) bersiap meneruskan kinerja positifnya sampai akhir tahun nanti. Emiten ini berupaya membesarkan gerai ritel Guardian dan IKEA yang dikelolanya.

Sebagai pengingat, HERO mencatatkan kenaikan pendapatan bersih sebesar 4% year on year (yoy) menjadi Rp 2,25 triliun pada semester I-2024. Pada saat yang sama, perusahaan ini juga mampu meraih kenaikan laba bersih periode berjalan 22,91% yoy menjadi Rp 162,16 miliar.

Meski tidak dijabarkan detail, Diky Risbianto, Head of Corporate and Consumer Affairs Hero Supermarket mengatakan, HERO tetap percaya diri untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik dibandingkan kinerja periode sebelumnya. Hingga akhir tahun nanti, HERO berharap ada peningkatan pertumbuhan penjualan yang didapat melalui serangkaian inovasi dan pengembangan bisnis.

“Kami fokus mendorong pertumbuhan aksesibilitas bagi pelanggan dan berada dalam posisi solid untuk perkembangan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka menengah hingga panjang,” ungkap dia, Jumat (13/9).

Baca Juga: Menilik Strategi Hero Supermarket untuk Capai Pertumbuhan Kinerja Tahun Ini

HERO kini fokus untuk mengembangkan dua brand yang dikelola yaitu Guardian dan IKEA. Hal ini berlaku semenjak HERO mengalihkan bisnis Hero Supermarket kepada PT Hero Retail Nusantara (HRN) dengan nilai Rp 135 miliar sebelum pajak yang berlaku pada pertengahan April 2024.

Khusus untuk IKEA, Manajemen HERO mengakui ada penurunan permintaan furnitur rumah tangga di Indonesia belakangan ini yang mempengaruhi bisnis merek asal Swedia tersebut.

Lantas, di Tengah kondisi pasar yang menantang, IKEA terus menerapkan berbagai langkah strategis untuk mengelola kinerja keuangan, termasuk optimalisasi ruang, inisiatif pengendalian biaya, dan manajemen invetaris yang dapat mendukung peningkatan profitabilitas.

“Melalui strategi yang tengah dilakukan, hal ini diharapkan dapat senantiasa memotivasi IKEA untuk terus memberikan penawaran dan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan,” terang Diky.

Merujuk laporan tahunan HERO, per akhir 2023 lalu IKEA telah mengoperasikan 7 toko di seluruh Indonesia. Di antaranya adalah IKEA Alam Sutera, IKEA Sentul, IKEA Bali, IKEA Jakarta Garden City, IKEA Mal Taman Anggrek, IKEA Kota Baru Parahyangan, dan IKEA Surabaya.

HERO juga memaksimalkan kinerja melalui Guardian yang sudah menjadi salah satu merek ritel terbesar di segmen Kesehatan dan kecantikan. Walau tidak disampaikan secara gamblang, HERO melalui Guardian akan terus memperluas jangkauan produk dan operasinya, serta melakukan penambahan sejumlah gerai baru sepanjang tahun ini.

 

Asal tahu saja, per akhir 2023 sudah ada 335 toko Guardian yang beroperasi di Indonesia. Guardian mengembangkan konsep toko yang lebih premium dengan seleksi produk menarik di beberapa pusat perbelanjaan di Tanah Air. Tak hanya itu, Guardian juga terus mengembangkan kanal penjualan online-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×