kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

HID Global rilis dua produk printer anyar khusus untuk kartu identitas


Rabu, 30 September 2020 / 15:26 WIB
HID Global rilis dua produk printer anyar khusus untuk kartu identitas
Fargo HID Ink1000


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  HID Global, penyedia solusi identitas mengumumkan peluncuran printer dan encoder HID Element dan Fargo HID Ink1000, printer dengan inkjet termal yang diklaim pertama di industri. Printer ini khusus mencetak kredensial atau kartu identitas dengan lebih aman dan bisa dipersonalisasi. 

Hary Kartono, Director of Sales, Secure Issuance, HID Global, ASEAN and Pakistan memaparkan peluang bisnis khususnya printer kartu cukup besar karena memiliki lebih dari 260 juta penduduk. Jadi HID Global menakar pasar dengan melihat jumlah penduduk yang ada karena dengan adanya penduduk HID Global bisa mencetak lebih banyak kartu seperti SIM, KTP, Kartu BPJS, dan semua jenis kartu yang ada. 

"Produk terbaru ini menggunakan teknologi inkjet. Meskipun di dunia printer teknologi inkjet sudah biasa untuk mencetak kertas, tetapi untuk dicetak di atas kartu yang berbasis plastik cukup sulit sehingga diperlukan kartu khusus yang tentu meningkatkan biaya produksi," jelasnya dalam acara virtual, Rabu (30/9). 

Maka dari itu, HID terus mengembangkan printer khusus dengan teknologi inkjet yang bisa mencetak di berbagai tipe kartu. Hary mengatakan inovasi printer dengan teknologi inkjet ini bisa mengakomodasi  sebagian besar tipe kartu standar (PVC). 

Salah satu kelebihan dari produk anyar HID Global, INK1000 adalah hasil cetaknya memiliki daya tahan yang lebih tinggi terhadap sinar UV karena dilengkapi dengan teknologi pemanas dan tinta yang diformulasikan secara  khusus serta dilengkapi stabilitas UV  yang mencegah hasil cetak memudar.

Baca Juga: Perusahaan konstruksi asal Belgia berhasil ciptakan rumah dua lantai lewat printer 3D

Mengenai performa per-catrdige, Hary memaparkan satu catridge Ink1000 kira-kira bisa mencetak 300-400 kartu. Adapun untuk kecepatan cetaknya, tentu tergantung desain, tetapi jika menggunakan hitungan rata-rata, dalam waktu sejam printer Ink1000 bisa mencetak hingga 100 kartu. 

Mengenai harga, Hary memaparkan printer Ink1000 dibanderol dengan harga US$ 1.500 untuk printer dan catridgenya US$ 190. Hary memaparkan secara garis besar, biaya perawatannya dan total cost ownership-nya rendah. Adapun untuk biaya produksi kartu, diakui Hary lebih rendah dibandingkan printer yang ada di pasaran saat ini. 

Adapun gambaran line up teranyar lainnya, yakni HID Element dilengkapi dengan teknologi UV Inkjet dan teknologi laser print yang mencetak di lapisan kedua kartu sehingga hasil cetaknya tidak mudah dihapus. Hary mengatakan hasil cetak dari HID Element bisa memaksimalkan keamanan dan membuat orang lain semakin sulit memalsukan kartu tersebut. 

Hary memaparkan catridge printer HID Element ini menawarkan dua macam volume, ada yang bisa mencetak 300-400 kartu dan 400-500 kartu. Adapun untuk harganya, printer HID Element dibanderol di kisaran US$ 25.000 - US$ 30.000.

Selanjutnya: Chromebook vs laptop, mana yang harus dipilih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×