kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Hindari macet, ingat hari ini puncak arus balik Idul Adha 1441 H


Minggu, 02 Agustus 2020 / 07:53 WIB
Hindari macet, ingat hari ini puncak arus balik Idul Adha 1441 H
ILUSTRASI. Tol masuk Jakarta

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk memprediksi puncak arus balik menuju ibukota dalam rangka libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu (2/8). 

Perkiraan jumlah kendaraan yang akan menuju Jakarta selama H+1 dan H+2 (1-2 Agustus 2020) mencapai 372.692 unit atau naik 33,6% jika dibandingkan dengan lalu lintas normal. 

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra menjelaskan, angka tersebut merupakan kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Baca Juga: Sepekan, market cap emiten konstruksi BUMN susut Rp 2,77 triliun

“Kami memprediksi dari seluruh gerbang tol tersebut, distribusi lalu lintas mayoritas dari arah Timur mencapai 56,3%. Sementara itu untuk dari arah Barat sebesar 21,7% dan dari arah Selatan sebesar 22,0%,” kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/8). 

Dalam upaya mengantisipasi kepadatan yang terjadi nanti, perseroan menyiapkan sejumlah strategi bersama Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan serta pihak Kepolisian. 

“Yang pertama adalah Jasa Marga mendukung penuh Kementerian Perhubungan dan pihak Kepolisian untuk mengalihkan kendaraan sumbu tiga ke atas agar tidak masuk jalan tol untuk menghindari banyaknya gangguan lalu lintas sebagaimana terjadi Kamis (30/7) lalu," ujar Bima.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×