Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif yang mengeliat ikut mendorong penjualan Daihatsu selama tahun 2022. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 sebanyak 123.584 unit, atau naik sekitar 38% dibandingkan periode sama tahun 2021 lalu sejumlah 89.601 unit.
Untuk diketahui, pada periode Januari – Agustus 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel sebanyak 637.000 unit, atau naik 20% dibandingkan periode sama tahun 2021 lalu sekitar 527.000 unit.
Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, secara persentase, penjualan ritel Daihatsu selama 8 bulan tahun ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
Baca Juga: Kinerja Cemerlang di Semester I, Simak Rekomendasi Saham Astra (ASII)
"Penjualan Daihatsu hingga 8 bulan ini bahkan telah melebihi dibandingkan periode sama pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Hendrayadi dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9).
Selain itu, pangsa pasar atau market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,4%, naik 2,4% dibandingkan Agustus 2021 yang mencapai 17%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 31.043 unit, atau berkontribusi 25,1%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 28.650 unit (23,2%); dan Xenia dengan raihan 16.570 unit (13,4%).
Baca Juga: Pesanan Mobil Listrik Hyundai Melonjak, 3.200 Unit Ioniq 5 Harus Inden
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News