Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada titik cerah di balik situasi ekonomi yang merosot. Perkembangan teknologi melahirkan peluang baru khususnya, seperti e-commerce.
Menurut Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Filianingsih Hendarta, transaksi e-commerce naik sebesar 26% selama pandemi. Sementara transaksi harian juga meningkat hingga 4,8 juta. Lalu persentase konsumen baru hingga 51% selama masa pandemi.
Peningkatan jumlah pelanggan e-commerce dicatatkan juga oleh perusahaan penyedia layanan hosting Exabytes Indonesia. Di tujuh bulan pertama tahun 2020 banyak pelaku bisnis yang mulai bergerak untuk go digital dengan membangun platform online untuk bisnis mereka.
"Kenaikan jumlah pelanggan yang berbentuk PT atau CV dengan rata-rata sebesar 38.3% dibandingkan tahun lalu. Bahkan di bulan Februari naik 120% dibandingkan Februari 2019 lalu. Hal ini membuktikan banyak orang atau perbisnis aware membangun bisnis online dibandingkan tahun lalu,” kata Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (28/8). Saat ini Exabytes Indonesia memberikan voucher sebesar 50.000 untuk masyarakat yang mau memulai bisnis online.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News