Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang dari berbagai moda kepunyaan perusahaan periode Januari – Juli 2024.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba merinci kenaikan jumlah penumpang tersebut di antaranya, Kereta Rel Listrik (KRL) tercatat sebanyak 191.895.323 penumpang atau naik 15,89% dari periode yang sama di tahun 2023.
Lalu penumpang KA Lokal meningkat 9,84% menjadi 20.694.169 penumpang, kemudian kereta perkotaan atau LRT Jabodebek sejak awal diluncurkan pada bulan Agustus 2023 sampai Juli 2024 berhasil mengangkut 15.275.593 penumpang.
Baca Juga: Mulai 26 Juli, KAI Perpanjang Relasi KA Blambangan Ekspres hingga Pasarsenen
“Tingginya volume tersebut juga menunjukkan kereta perkotaan kini semakin menjadi solusi transportasi bagi masyarakat urban di wilayah Jabodebek,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (6/8).
Anne mengatakan, peningkatan jumlah penumpang tersebut lantaran fasilitas yang diberikan terus ditingkatkan sehingga menimbulkan kenyamanan bagi pengguna.
Ragam fasilitas tersebut, kata Anne, di antaranya di beberapa stasiun KRL, KA Lokal, dan LRT Jabodebek juga sudah tersedia fasilitas drinking water station. Terbaru, fasilitas KRL saat ini tersedia Commuter Shelter Bike atau fasilitas parkir sepeda gratis di area stasiun dengan desain yang lebih sporty.
Baca Juga: PT KAI Usulkan PMN 2025 Sebesar Rp 1,8 Triliun untuk Belanja Trainset Baru
Menurutnya, pembaharuan fasilitas yang sudah tersedia di beberapa stasiun baik KRL, KA Lokal maupun LRT Jabodebek menjadi salah satu komitmen KAI Group memenuhi kebutuhan penumpang yang terus berkembang.
“Kami harap, peningkatan layanan yang dilakukan juga selaras dengan budaya masyarakat untuk tertib dan disiplin agar moda transportasi massal ini tetap ramah dan nyaman bagi semua kalangan,” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News