kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Holding BUMN penerbangan positif bagi efisiensi perusahaan


Senin, 15 April 2019 / 19:54 WIB
Holding BUMN penerbangan positif bagi efisiensi perusahaan

Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah pengamat merespon positif rencana pemerintah membentuk holding perusahaan BUMN penerbangan. Pembentukan  holding penerbangan dinilai bisa berdampak pada efisiensi di sektor penerbangan.

Pengamat Managemen Jimmy Gani mengatakan, rencana pemerintah untuk holding perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penerbangan memiliki dampak positif. Sebab, adanya konsolidasi akan berdampak pada efisiensi. "Diharapkan nanti ada efisiensi, penguatan, dan sumber daya manusia yang kuat," kata Jimmy, Senin (15/4).

Namun yang tidak kalah pentingnya, kata dia, pengaturan mengenai aset-aset perusahaan yang akan diholding agar berada dalam satu perusahaan. "Konsolidasi dari aset-aset, bagaimana supaya aset berada dalam satu naungan walaupun dimiliki masing-masing entitas," ucap dia.

Selain itu, adanya holding nantinya akan berdampak pada hilangnya beberapa posisi dalam perusahaan karena adanya konsolidasi. "Asal dikelola dengan baik, karena kuncinya manajemen pengelolaan," terang dia.

Yang jadi masalah, adanya holding ini akan membuat hilangnya status perusahaan yang tadinya perusahaan BUMN menjadi anak perusahaan BUMN. Disamping itu, dari sisi ekonomi, holding BUMN penerbangan akan menarik investor untuk berinvestasi. Asalkan, masing-masing perusahaan dalam holding tersebut memberikan nilai tambah bagi perusahaan.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×