kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,65   8,27   0.82%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Honda Prospect Motor (HPM) Sebut Potensi Bisnis Mobil Segmen SUV Masih Positif


Selasa, 25 Januari 2022 / 16:22 WIB
Honda Prospect Motor (HPM) Sebut Potensi Bisnis Mobil Segmen SUV Masih Positif
ILUSTRASI. Honda CR-V


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan bahwa potensi bisnis mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia masih sangat baik. Perpaduan antara ketangguhan dan kenyamanan dari segmen mobil SUV ini menjadi nilai jual utamanya.

“Segmen SUV merupakan salah satu segmen yang sedang bertumbuh di Indonesia saat ini, dan merupakan salah satu yang terbesar setelah segmen mobil Low Cost green Car (LCGC) dan Low Multi Puspose Vehicle (LMPV),” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM kepada Kontan, Selasa (25/1).

Sebagai informasi, SUV adalah sebuah inovasi kendaraan yang memadukan antara ketangguhan dan kenyamanan. Jenis mobil ini memiliki kelebihan dari segi kekuatan, durabilitas tinggi dan kapasitas mesin yang dapat diandalkan untuk segala medan jalan.

Yusak billy menjelaskan bahwa saat ini HPM melihat kebutuhan terbesar datang dari konsumen yang menggunakan mobil SUV di daerah urban dan sub-urban. Oleh karena itu, meskipun memiliki karakter tangguh dan mesin yang bertenaga, jenis SUV Honda tetap mengutamakan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Berdasarkan data HPM, penjualan SUV Honda tercatat sebanyak 29.827 unit pada tahun 2021. Sejauh ini, Honda memiliki beberapa model SUV antara lain Honda CR-V, Honda HR-V dan Honda BR-V.

Baca Juga: Penjualan Mobil Honda Tumbuh 15% Sepanjang 2021, Ini Model Terlarisnya

Yusak menambahkan bahwa seiring dengan pertumbuhan infrastruktur jalan raya di berbagai daerah di Indonesia, saat ini permintaan produk mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di area luar pulau Jawa kian meningkat. Honda mencatatkan kontribusi penjualan mobil segmen SUV di luar pulau Jawa sekitar 33% dari total penjualan perusahaan secara nasional.

Menurut Yusak, secara umum pertumbuhan segmen SUV ini didorong oleh karakter konsumen Indonesia yang senang pergi bersama keluarga atau kerabat dengan kondisi alam Indonesia yang bervariasi sehingga membutuhkan mobil yang nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan.  Dengan demikian, maka tak heran apabila ada persaingan antara produsen dalam peluncuran mobil di segmen SUV.

Terkait rencana peluncuran produk baru segmen SUV, Yusak menjelaskan bahwa sementara ini Honda Prospect Motor (HPM) masih fokus pada model HR-V yang masih tinggi akan peminat. Terkait target-target perusahaan di tahun 2022, HPM belum merinci terkait target unit penjualan segala jenis mobil SUV Honda untuk tahun ini.

“Kami baru saja meluncurkan All New Honda BR-V dan CR-V Black Edition di tahun lalu untuk menyegarkan produk pasar SUV. Di tahun ini, target kami adalah meningkatkan penetrasi pasar SUV dengan beberapa strategi salah satunya adalah penyegaran produk. Tentu saja peluncuran produk baru akan disesuaikan dengan kondisi pasar dan kebutuhan konsumen,” pungkas Yusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×