kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.830   0,00   0,00%
  • IDX 6.438   38,22   0,60%
  • KOMPAS100 926   8,20   0,89%
  • LQ45 723   5,45   0,76%
  • ISSI 205   2,17   1,07%
  • IDX30 376   1,61   0,43%
  • IDXHIDIV20 454   0,42   0,09%
  • IDX80 105   1,01   0,98%
  • IDXV30 111   0,45   0,40%
  • IDXQ30 123   0,28   0,22%

Honda Prospect Motor Telah Menjual 1.472 CR-V Facelift


Rabu, 17 Maret 2010 / 10:07 WIB
Honda Prospect Motor Telah Menjual 1.472 CR-V Facelift


Sumber: Kontan | Editor: Test Test

JAKARTA. Industri otomotif tanah air sedang bergairah. Permintaan mobil di hampir semua kelas meningkat. Salah satunya di kelas mobil sport multiguna alias sport utility vehicle (SUV). Buktinya, penjualan mobil varian baru (facelift) Honda CR-V laku bak kacang goreng.

PT Honda Prospect Motor (HPM), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda, meluncurkan versi facelift mobil ini pada 18 Februari 2010 lalu. Nah, selama 10 hari pertama penjualan, yakni hingga akhir Februari, penjualan Honda CR-V mencapai 1.472 unit di seluruh Indonesia. Adapun dalam 22 hari atau hingga Jumat (12/3) lalu, penjualan CRV mencapai 1.494 unit. Angka ini sangat besar karena mencakup akumulasi inden di bulan Januari.

Dengan pencapaian itu, CR-V memberikan kontribusi 33,22% dari total penjualan Honda yang mencapai 4.431 unit selama Februari 2010. Sementara di segmen SUV, CR-V yang menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) digolongkan dalam segmen MPV-SUV, berhasil meraih pangsa pasar sebesar 22,03% dari total penjualan mobil nasional di segmen tersebut yang mencapai 6.682 unit.

Kencangnya tingkat penyerapan pasar membuat Honda kudu berbenah diri. "Kami akan melakukan penyesuaian produksi untuk tetap mempertahankan pasokan," kata Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), di Jakarta, Senin lalu (15/3).

Honda berharap, setelah meluncurkan Jazz akhir tahun lalu, CR-V bisa menjadi ujung tombak penjualan produknya di Indonesia. Selama ini, Honda Prospect telah mendatangkan CR-V dalam bentuk komponen terurai alias completely knocked down (CKD). Dengan begitu, CR-V bisa dibilang diproduksi dan dirakit di Indonesia.

Sebagai ATPM Mitsubishi, PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB) juga tidak kalah mendorong penjualan produk SUV mereka yakni Pajero Sport. Dalam dua bulan pertama 2010, total penjualan Pajero Sport mencapai 1.764 unit. Angka tersebut tak terlalu meleset dari target KTB yang mematok penjualan produk ini sebesar 900 unit per bulan pada tahun ini.

Selama tahun lalu, total penjualan varian Pajero Sport yang diluncurkan Juni 2009 masih sebanyak 2.739 unit. "Kami memang semakin fokus menggarap pasar SUV. Kami menargetkan segmen ini bisa menyumbang 15% dari total target penjualan Mitsubishi tahun ini yang kami patok sebanyak 90.000 unit," kata Direktur Pemasaran PT Kramayudha Tiga Berlian, Rizwan Alamsyah.

Wajar saja jika ATPM kian optimistis memasarkan mobil jenis SUV. Sebab, desain mobil ini relatif cocok dipakai di segala medan. Ketua Dewan Penasehat Gaikindo Bambang Trisulo bilang, meski termasuk kategori mobil sport, kalangan berduit cenderung menggunakan jenis mobil ini untuk keperluan sehari-hari. "Tongkrongannya yang gagah, sporty, dan berkelas dianggap pas menggambarkan kalangan eksekutif," kata Bambang.

Jonfis pun sepakat dengan pendapat tersebut. "Segmen terbesar kami adalah eksekutif muda, khususnya pria usia di atas 30 tahun dengan karir yang sudah cukup mapan," kata Jonfis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×