Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Honda Prospect Motor (HPM) pada 2014 lalu berhasil meraih hasil gemilang dengan menempati posisi tiga besar penjualan mobil secara nasional. Prestasi tersebut diraih setelah mencapai pertumbuhan penjualan 174% menjadi 159.147 unit pada 2014 dari 91.493 unit di tahun sebelumnya.
Pertumbuhan penjualan yang dicapai tersebut merupakan yang tertinggi dibanding produsen lain, sekaligus mengangkat posisi Honda di pasar otomotif Indonesia. Angka penjualan tersebut juga menjadi rekor penjualan tertinggi buat Honda sepanjang sejarah di Indonesia, dengan pangsa pasar mencapai 13,2%.
“Ekspansi pasar Honda khususnya di kelas low-MPV dengan memperkenalkan Mobilio sukses mengangkat penjualan di tengah kondisi pasar yang cenderung stagnan pada 2014 lalu. Selain itu, penyegaran terhadap produk-produk yang dilakukan tahun lalu juga ikut menjaga pasar tetap segar,” jelas Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM dalam rilisnya, Senin (19/1).
Kontribusi penjualan tahun lalu paling besar datang dari Mobilio. Pemain baru di segmen mobil multiguna bawah ini meraih total penjualan 79.288 unit, dengan pangsa pasar 22%.
Dilanjutkan dengan Brio Satya yang menjadi penyumbang terbesar kedua, dengan raihan 26.683 unit atau pangsa pasar mencapai 16% di segmen mobil murah (LCGC). Sementara itu, New Brio menjadi pemimpin di kelas mobil kota dengan total penjualan 12.010 unit.
Jazz
Jazz dengan model terbaru, meraih total penjualan 22.329 unit. Sementara CR-V mencatat total penjualan sebesar 8.551 unit, dilanjutkan dengan Freed yang meraih penjualan sebesar 6.517 unit. Sedangkan Odyssey terjual 642 unit.
Dari segmen sedan, City mencatat total penjualan 1.983 unit, Civic mencatat total 630 unit dan Accord terjual 395 unit. Model hibrida CR-Z terjual 119 unit di tahun lalu. (Azwar Ferdian)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News