kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,74   -6,61   -0.71%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Huawei Membangun Ekonomi Digital dengan Program Membangun Startup AI Lokal


Minggu, 09 Januari 2022 / 00:03 WIB
Huawei Membangun Ekonomi Digital dengan Program Membangun Startup AI Lokal
ILUSTRASI. A Huawei company logo is seen at the Shenzhen International Airport in Shenzhen in Shenzhen, Guangdong province, China June 17, 2019. REUTERS/Aly Song


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Huawei ikut mendukung kemajuan ekonomi digital di dalam negeri yang kini semakin berkembang pesat. Salah satunya melalui program untuk menciptakan startup berbasis kecerdasan buatan (AI). Melalui program AI Creation yang diluncurkan sejak Agustus 2021 hingga Januari tahun ini.  

Huawei bekerja sama dengan BISA AI Academy, Oudpro Indonesia, dan Pusat Studi Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan program untuk mendorong mahasiswa untuk mengasah kemampuan wirausaha dalam menciptakan start-up. Lebih dari 2.000 mahasiswa telah mengikuti program 

Presiden Huawei Cloud Indonesia Jason Zhang menegaskan, program ini merupakan bukti komitmen jangka panjang Huawei dalam mempercepat transformasi digital Indonesia.  Terutama dalam hal dukungan penguatan ekosistem transformasi digital dan pengembangan talenta transformasi digital.

Huawei Cloud sendiri telah menarik 2,3 juta pengembang, 14.000 mitra konsultasi, 6.000 mitra teknis, dan merilis 4.500 produk marketplace. 

"Huawei Cloud telah menjadi platform penting bagi organisasi untuk go digital," ujarnya dalam keterangannya.

Menurut Jason, Huawei Cloud mengajak semua untuk berpikir cloud native, bertindak cloud native, menyelami digital dan potensi Everything as a Service selama digitalisasi. Talents memainkan peran penting dalam digitalisasi, Huawei Cloud berkontribusi Technology as a Service untuk inovasi yang fleksibel, dan Expertise as a Service untuk keunggulan bersama selama talenta berkembang.

"Selama lebih dari 21 tahun hadir dan berkembang di masyarakat Indonesia, Huawei berharap dapat terus berkontribusi dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi pascapandemi dan turut serta mendukung visi besar Indonesia 2045. Di bawah payung komitmen I Do, Huawei saat ini memiliki target menyiapkan 100.000 talenta digital hingga 2024 sebagai salah satu kontribusi menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk mendukung laju pertumbuhan startup digital di Indonesia,” ujar Zhang.

Program AI Creation dimulai dengan pemilihan proposal ide startup berbasis AI, dimana siswa membentuk tim untuk membangun startup digital mereka. Dari hasil seleksi ide tersebut, terpilihlah 30 startup teratas untuk diberikan fasilitas membangun startup digital dalam hal pengembangan teknologi dan kecerdasan buatan (hacker), desain dan produk (hipster), serta bisnis dan manajemen (hustler).

Selama 3 bulan, peserta akan ditantang untuk membangun sendiri produk, merek, dan teknologi startup yang akan digunakan di bawah bimbingan dan arahan para ahli dan praktisi yang terlibat dalam program ini. Peserta juga akan diberikan wawasan industri, pengembangan aplikasi, dan bisnis melalui lebih dari 50 webinar melalui Tampil ID. Peserta juga diberikan fasilitas Huawei Cloud secara gratis.

Saat ini, 10 startup finalis AI Creation yang terpilih dari batch pertama tahun ini akan mempresentasikan produknya masing-masing di Huawei Exhibition Hall pada Januari 2022 dengan harapan dapat menarik perhatian investor yang tertarik mendanai pilot project mereka.

Program Huawei AI Creation juga merupakan bagian dari program yang lebih besar di Asia Pasifik, yang disebut Huawei Cloud Spark, yang diluncurkan pada Agustus 2020 di Singapura. Melalui program ini, Huawei bekerja sama dengan pemerintah, inkubator terkemuka, serta perusahaan modal ventura dan universitas untuk membangun platform dukungan bagi perusahaan rintisan baru. Saat ini, lebih dari 40 startup telah mengikuti program ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×