kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Humpuss Maritim Internasional (HUMI) Beli Kapal Tunda Senilai Rp 4,5 Miliar


Rabu, 22 November 2023 / 22:02 WIB
Humpuss Maritim Internasional (HUMI) Beli Kapal Tunda Senilai Rp 4,5 Miliar
ILUSTRASI. Humpuss Maritim Internasional (HUMI) membeli satu unit kapal tunda pada 17 November 2023.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) membeli satu unit kapal tunda (tug boat) pada 17 November 2023.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), HUMI melakukan pembelian kapal tunda melalui anak usahanya PT Humpuss Transportasi Curah, di mana HUMI menggenggam 99,9% saham perusahaan tersebut. Penjual kapal tunda tersebut adalah PT Kemas Sejahtera Lestari yang bukan termasuk perusahaan terafiliasi dengan HUMI. 

"Nilai perolehan atas satu unit kapal adalah Rp 4,5 miliar," ujar Direktur Utama Humpuss Maritim Internasional Tirta Hidayat dalam keterbukaan informasi, Selasa (21/11).

Manajemen HUMI menyebut transaksi pembelian kapal tunda tersebut ditujukan untuk pengembangan anak usaha yakni Humpuss Transportasi Curah.

Baca Juga: Humpuss Maritim (HUMI) Tambah Kapal Chemical, Optimis Laba Meningkat

Dalam berita sebelumnya, HUMI sebenarnya sudah pernah merealisasikan penambahan tiga armada kapal selama 2023 berjalan. 

Saat ini, bidang usaha yang dijalankan HUMI melalui entitas anak usaha ditunjang dari penyediaan jasa penyewaan kapal, terutama untuk pengangkutan gas alam cair atau Liquified Natural Gas (LNG), jasa layanan angkutan bahan bakar premium dan crude oil, pengangkutan bahan kimia dan petrokimia, jasa penunjang kegiatan lepas pantai, dan jasa pengerukan.

HUMI juga bergerak di bidang penyediaan Floating Storage Regasification Unit (FSRU) melalui anak usaha, serta jasa penunjang armada laut (marine support). Sebagai pendukung utama dalam industri distribusi energi, HUMI juga melakukan pengelolaan dan pengembangan awak kapal melalui jasa pelatihan.

Per kuartal III-2023, pendapatan usaha HUMI tumbuh 7,3% year on year (YoY) menjadi US$ 73,9 juta. Laba bersih HUMI juga naik 33,7% YoY menjadi US$ 11,6 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×