kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.959.000   13.000   0,67%
  • USD/IDR 16.386   -30,00   -0,18%
  • IDX 7.537   71,97   0,96%
  • KOMPAS100 1.064   14,76   1,41%
  • LQ45 799   11,65   1,48%
  • ISSI 255   1,27   0,50%
  • IDX30 417   4,85   1,18%
  • IDXHIDIV20 475   4,36   0,93%
  • IDX80 120   1,68   1,42%
  • IDXV30 124   1,21   0,99%
  • IDXQ30 133   1,67   1,27%

Hypermart Bakal Gandeng UMKM


Minggu, 25 April 2010 / 23:30 WIB
Hypermart Bakal Gandeng UMKM


Reporter: Asnil Bambani Amri |

JAKARTA. Sebagai peritel modern PT Matahari Putra Prima Tbk melirik adanya potensi bisnis untuk mengembangkan Hypermart dengan cara melakukan kerjasama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Director Marketing dan Merchandising Matahari Food Business (MFB) Meshvara Kanjaya menyebutkan, saat ini perusahaannya bahkan sedang melakukan penjajakan dengan pengusaha UMKM di daerah tujuan ekspansi.

Produk UMKM tersebut menurut Meshvara akan didistribusikan di unit bisnis Matahari untuk dijual, dan Matahari menawarkan diri menjadi mitra dalam hal pemasarannya.

“Kami jelaskan bagaimana proses memasarkan produk di ritel modern, standar yang harus dipenuhi, dan kami tawarkan kemudahan pembayaran dan pembinaan usaha,” jelas Meshvara yang baru saja membuka gerai Hypermart ke 48 di Pekalongan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, lanjut dia, pihaknya kadang menghadapi tantangan dimana pelaku UMKM binaan justru beralih ke peritel modern lain. Namun, ujar Meshvara, pihaknya tidak berkeberatan karena Hypermart terus mencari mitra UMKM tetapi hanya produk tertentu yang diminati. “Kami mencari produk-produk yang unik,” kata Meshvara.

Terkait penerapan trading term bagi UMKM, jelas Meshvara, pihaknya mengacu pada ketentuan kontrak-kontrak yang disepakati bersama. “Trading term adalah sebagai cara berdagang yang harus dimanfaatkan menjadi pemacu service level dan target. Itu ditentukan dengan negosiasi,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×