kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hyundai Engineering kebut konstruksi pabrik mobil Hyundai


Jumat, 05 Juni 2020 / 16:14 WIB
Hyundai Engineering kebut konstruksi pabrik mobil Hyundai
ILUSTRASI. FILE PHOTO - A worker works at an assembly line of Hyundai Motor's plant in Asan, South Korea, January 27, 2016. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA- Hyundai Engineering Co., Ltd, (HEC) sebagai kontraktor utama, terus berkomitmen untuk memberikan upaya terbaiknya dalam mempercepat proses pembangunan pabrik mobil Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Deltamas Industrial Complex, Bekasi, Indonesia, yang memiliki nilai total investasi mencapai US$ 1,55 miliar atau setara dengan Rp 21,7 triliun.

"Setelah proses konstruksi selesai, pabrik mobil ini akan menjadi pusat basis produksi pertama Hyundai di kawasan ASEAN," kata Byung-Su Kwak, Chief Site Manager Hyundai Engineering Co., Ltd dalam keterangan persnya yang diterima Kontan.co.id, Jumat (5/6).

Sebelumnya, kepastian pendirian pabrik perakitan ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman rencana pendirian pabrik mobil tanggal 26 November 2019. Penandatangan Kerjasama ini dilakukan antara Hyundai Motor Company dengan Pemerintah Indonesia, dan disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri. Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi sekitar 150.000 unit kendaraan per tahun, dan nantinya pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya.

Keputusan Hyundai Motor Company untuk membangun sebuah pabrik mobil di Indonesia, merupakan keputusan investasi yang berani dan merupakan wujud niat kuat Hyundai Motor Company untuk memperkuat kemitraan dengan negara-negara Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Hal ini sejalan dengan kebijakan yang dicanangkan oleh Pemerintah Korea Selatan “New Southern Policy”, atau yang dikenal dengan “Kebijakan Baru ke Arah Selatan”.  "Kepercayaan yang telah lama terbangun serta hubungan yang baik antara Korea Selatan dan Indonesia juga memiliki andil besar bagi Hyundai Motor Company dalam mengambil keputusan investasi ini," imbuh Byung-Su Kwak.

Seperti diketahui, proses pembangunan pabrik ini telah dimulai sejak Desember 2019 oleh Hyundai Engineering sebagai kontraktor utama. Dibawah pimpinan dan manajemen konstruksi menyeluruh dari Hyundai Engineering, pabrik ini ditargetkan akan memulai produksi pertamanya pada paruh kedua 2021.

Menciptakan lapangan kerja baru

Di bawah kerjasama yang menguntungkan antara Korea Selatan dan Indonesia, pembangunan pabrik mobil Hyundai Motor Company di Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, khususnya di industri konstruksi dengan menyerap hingga 1.500 pekerja harian. "Selanjutnya, pabrik ini diharapkan dapat menciptakan lebih dari 23.000 pekerjaan baru baik langsung maupun tidak langsung," ungkap Byung-Su Kwak.

Sebagai kontraktor utama, Hyundai Engineering berupaya untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung ekonomi lokal dengan tetap melakukan aktivitas konstruksi secara normal meskipun krisis ekonomi global saat ini sedang melanda di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, sebagai akibat dari pandemi Covid-19.

Belum lama ini, Hyundai Engineering telah menyumbangkan peralatan perlindungan Covid-19 termasuk 4.800 unit alat diagnostik kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pertamedika (Institusi Kesehatan di bawah PT Pertamina) untuk menghadapi situasi pandemi Covid-19. Nilai total sumbangan tersebut mencapai Rp 5 miliar.

Menurut Byung-Su Kwak, Hyundai Engineering dan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia telah berupaya untuk memahami dan menghormati budaya lokal Indonesia. Pada awal pembangunan, mereka mengundang Sun-geun Ahn dari Universitas Islam Nasional (UIN) untuk mengadakan acara khusus ceramah tentang budaya Islam untuk 50 staf Korea yang bekerja di lokasi konstruksi. "Dengan upaya ini, mereka menunjukkan keinginan untuk memahami dan menghormati budaya dan nilai-nilai lokal," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×