Reporter: Leni Wandira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 20% dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 dibandingkan tahun sebelumnya.
"Secara angka masih dalam tahap konsolidasi, tetapi jika dibandingkan dengan tahun lalu memang ada kenaikan sekitar 20%," ujar Moch Diky Zulkarnaen, Chief Sales Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Jumat (21/2).
Diky menambahkan bahwa tren pertumbuhan ini menunjukkan performa positif Hyundai dari tahun ke tahun.
Baca Juga: Bidik Korporat, Hyundai Motors Indonesia Hadirkan Versi Terbaru MPV, Cek Harganya
Ia juga menjelaskan bahwa peningkatan penjualan ini mayoritas dikontribusikan oleh kendaraan bermesin konvensional atau internal combustion engine (ICE), yang mencakup 80% dari total penjualan Hyundai di IIMS tahun ini.
Sementara itu, kendaraan listrik (EV) Hyundai seperti Ioniq 5 dan Kona hanya menyumbang 20% dari total penjualan. "Komposisi unit kami memang lebih banyak ICE. EV kami hanya ada Ioniq 5 dan Kona, sedangkan lainnya adalah ICE," jelasnya.
Selain itu, model Hyundai Venue juga menunjukkan performa penjualan yang cukup baik selama IIMS 2025 berlangsung. "Alhamdulillah cukup baik," ujar Diky singkat.
Hyundai sendiri telah menetapkan target ambisius untuk ajang IIMS 2025, dengan harapan mampu menjual lebih dari 2.000 unit kendaraan sepanjang pameran berlangsung. "Kami selalu memiliki target setiap tahun, dan di IIMS kali ini mudah-mudahan bisa tembus 2.000 unit lebih," ungkapnya.
Baca Juga: Hyundai Motors Indonesia Hadirkan SUV Baru di IIMS 2025, Ini Spesifikasinya
Ketika ditanya mengenai tantangan penjualan di tengah kondisi pasar otomotif saat ini, Diky menyebut bahwa faktor makro ekonomi menjadi tantangan tersendiri. Namun, ia optimistis terhadap kinerja Hyundai, mengingat tren penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.
"Secara brand, Hyundai saat ini masih cukup baik. Ada peningkatan dibandingkan tahun lalu, mungkin juga didorong oleh perilaku baru kami, serta beberapa peluncuran model baru di IIMS kali ini yang mendapat respons positif dari pasar," katanya.
Menariknya, pencapaian kenaikan penjualan 20% ini disebut lebih tinggi dari ekspektasi Hyundai sendiri. Menurut Diky, di awal tahun Hyundai menargetkan penjualan minimal setara dengan tahun lalu.
"Awalnya kami menargetkan minimal sama dengan tahun lalu saja sudah bagus, tetapi ternyata bisa tumbuh 20%, jadi ini di luar ekspektasi kami," ungkapnya.
Baca Juga: Hyundai Motors Indonesia Luncurkan New TUCSON dengan Pilihan Mesin Hybrid & Bensin
Saat ditanya mengenai kejutan apa lagi yang akan diberikan Hyundai tahun ini, Diky hanya memberikan jawaban singkat, "Pasti ada. Tunggu tanggal mainnya."
Selanjutnya: Sepanjang 2024, ESSA Industries (ESSA) Catatkan Laba Bersih Capai US$ 45,18 Juta
Menarik Dibaca: Rekomendasi 5 Film Dance Terpopuler Wajib Ditonton Dancer Modern
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News