Reporter: Benediktus Krisna Yogatama | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Potensi pasar minuman Indonesia menggiurkan bagi investor asing. Kabar terbaru, Ichitan Group, produsen minuman teh asal Thailand kini meramaikan pasar minuman di Indonesia.
Tan Passakornnatee, President and Chief executive of Ichitan Group yang juga Presiden DIrektur PT Ichi Tan Indonesia mengatakan, Ichitan hadir di Indonesia dalam dua rasa, yaitu lychee green tea dan honey lemon green tea.
Produk Ichitan kini sudah tersedia di seluruh cabang Alfamart dan Alfamidi dengan harga ritel Rp 4.900 dengan botol berukuran 420 mililiter.
Tan mengatakan, pihaknya tertarik berinvestasi di Indonesia lantaran beban produksi di Indonesia relatif terjangkau. Selain itu, jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan untuk masuk ke pasar Indonesia.
"Saat MEA (masyarakat ekonomi Asean) berlaku, jika Anda tidak ekspansi keluar negeri, maka mereka ekspansi ke dalam negeri Anda," ujar Tan pada Selasa (8/9).
Untuk diketahui, ini merupakan kali pertama Ichitan Group berinvestasi atau membangun pabrik diluar Thailand. Di Negeri Gajah Putih itu, Ichitan adalah penguasa pasar terbesar untuk minuman teh hijau dalam kemasan.
Sejak berdiri tahun 2011, perusahaan mencatat pendapatan sebesar 7 milyar Bath atau setara dengan sekitar Rp 2,75 triliun. Di Thailand, Ichitan memiliki satu pabrik dengan kapasitas 1,2 miliar botol per tahun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News