kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IDCloudHost Siapkan Infrastruktur Internet Web3


Rabu, 05 Oktober 2022 / 10:34 WIB
IDCloudHost Siapkan Infrastruktur Internet Web3
ILUSTRASI. Fasilitas server PT Cloud Hosting Indonesia (IDCloudHost).


Reporter: Belladina Biananda | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Generasi muda memainkan peranan penting dalam penggunaan internet, mengingat potensi ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan bertumbuh pesat, dan menjadi tertinggi di Asia Tenggara di tahun 2030.

Pemerintah memperkirakan ekonomi digital Indonesia akan melonjak 8 kali lipat dari tahun dari sekitar Rp 632 triliun pada 2020 menjadi Rp 4.531 triliun pada 2030.

IDCloudHost menyambut tantangan pemerintah agar generasi muda dapat memainkan peranan dalam pemanfaatan internet bagi pengembangan ekonomi digital Indonesia menuju Tahun 2030.

"Kami mendukung Digitalisasi Jilid 2 dengan menyiapkan infrastruktur Internet Web3,” kata kata Alfian Pamungkas, CEO IDCloudHost dalam keterangannya, Rabu (5/10).

Baca Juga: Layanan Cloud Dorong Efisiensi Operasional Perusahaan Startup

Web3 merupakan internet generasi ketiga berbasis blockchain di mana data akan saling berhubungan dengan cara yang terdesentralisasi. Web3 menghadirkan potensi membuka nilai lebih bagi semua orang di internet dan juga menghadirkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Alfian mengatakan, pihaknya menyediakan layanan cloud Baremetal (VPS) yang dapat dikembangkan sebagai pondasi infrastruktur Web3. Saat ini, pengelola crypto coin yang berbasis blockchain telah dapat mengoperasikan sistemnya dengan memanfaatkan VPS yang disediakan IDCloudHost dengan sebaran region Indonesia dan Singapura.

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi, dengan arsitektur terdesentralisasi.

Tidak tanggung-tanggung, untuk mempersiapkan infrastruktur Web3, IDCloudHost telah menginvestasikan dan memiliki lebih dari 1500 server yang siap digunakan.

Inti dari Web3 adalah desentralisasi model bisnis. Sejauh itu, ini menandai fase ketiga dari internet  dan memberikan kendali kepada pengguna.

Tujuannya adalah agar kendali tidak lagi terpusat di platform dan agregator besar, melainkan didistribusikan secara luas melalui blockchain terdesentralisasi dan smart contract.

Baca Juga: IDCloudHost menangkap peluang komputasi awan di sektor UMKM

Dalam praktiknya, ini dapat menandai perubahan paradigma dalam model bisnis untuk aplikasi digital dengan menjadikan disintermediasi sebagai elemen inti. Perantara mungkin tidak lagi diperlukan untuk menghubungkan data, fungsionalitas, dan nilai.

“Pengguna dan pembuat konten dapat berkreativitas tanpa batas, menggunakan aplikasi open source  daripada aplikasi proprietary. Hal ini akan mendorong  inovasi dan peningkatan skalabilitas,” pungkas Alfian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×